Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:23 WIB | Kamis, 06 Oktober 2022

Bantu Pengamanan Piala Dunia, Turki Akan Kirim Pasukan ke Qatar

Piala Dunia 2022 di Qatar. (Foto: dok. Ist)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Turki pada hari Rabu (5/10) menyetujui pengerahan tentara Turki ke Qatar untuk membantu menjaga keamanan selama perebutan Piala Dunia sepak bola digelar bulan depan.

Dengan mengacungkan tangan, anggota parlemen menyetujui mosi untuk mengirim sejumlah pasukan yang tidak ditentukan ke negara Teluk itu selama enam bulan. Fikri Isik, seorang legislator partai yang berkuasa dan mantan menteri pertahanan Turki, mengatakan pengerahan itu akan melibatkan 250 tentara dan sebuah kapal angkatan laut kelas korvet.

Pasukan itu akan ditambah dengan sekitar 3.000 polisi anti huru-hara yang Turki dikatakan akan dikirim ke Qatar untuk memperkuat keamanan selama kompetisi sepak bola internasional.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, meminta persetujuan parlemen untuk mengerahkan pasukan, menjelaskan dalam mosi yang diajukan pekan lalu bahwa tentara Turki akan bergabung dengan pasukan lain dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, dan Pakistan.

Pasukan itu akan dikerahkan melawan “berbagai ancaman dan terutama terorisme” di Qatar, yang diperkirakan akan menampung lebih dari satu juta pengunjung selama kompetisi selama sebulan, kata pemimpin Turki itu.

Turki telah membangun hubungan dekat dengan Qatar dan mendirikan pangkalan militer di sana.

Anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan pimpinan Erdogan dan sekutu nasionalisnya memberikan suara untuk meloloskan mosi tersebut. Partai-partai oposisi mengkritik rencana pengerahan itu, menuduh pemerintah membiarkan tentara dan polisi Turki digunakan seperti karyawan “perusahaan keamanan swasta.”

Awal tahun ini, Kementerian Dalam Negeri Turki, mengumumkan bahwa Turki akan mengerahkan 3.250 petugas polisi Turki ke Qatar. Mereka termasuk 100 polisi operasi khusus dan 50 ahli bahan peledak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home