Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 15:54 WIB | Selasa, 11 Oktober 2016

Bappenas: Ekonomi RI Harus Tumbuh di Atas Lima Persen

Bambang Brodjonegoro (Kanan) (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai ekonomi domestik harus tumbuh di atas lima persen/tahun kendati perekonomian global saat ini masih relatif melambat.

"Kita berharap tentunya dalam kondisi global yang masih tidak menentu dan masih agak lemah sekarang, yang paling harus kita upayakan (pertumbuhan ekonomi) lima persen atau lebih," ujar Bambang di Jakarta, Senin.

Menurut Bambang, pertumbuhan ekonomi lima persen adalah kebutuhan dasar untuk menjaga agar angka kemiskinan dan pengangguran tidak bertambah.

Berdasarkan data BPS per Maret 2016, tingkat kemiskinan mencapai 10,86 persen, sedangkan tingkat pengangguran 5,5 persen.

"Tapi kalau tumbuhnya di bawah lima persen itu berarti kita harus bekerja (lebih) keras, karena ada kemungkinan peningkatan kemiskinan dan pengangguran," kata Bambang.

Pada kuartal I 2016 lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 4,92 persen. Sementara itu, pada kuartal II 2016, pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 5,18 persen.

Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2016 dapat mencapai angka 5,2 persen sebagaimana tercantum dalam APBNP 2016.

Untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, dalam waktu dekat pemerintah juga berencana menerbitkan paket kebijakan ekonomi XIV yang mengatur kebijakan soal perdagangan elektronik (e-commerce).(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home