Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:42 WIB | Rabu, 22 April 2015

Bappenas Nilai Proyek "Shinkansen" Realistis

Ilustrasi Shinkansen. (Foto: antara/fotopedia.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Dedy Supriyadi Priyatna menilai proyek kereta cepat sekelas "Shinkansen" masih realistis sebagai alternatif moda transportasi masyarakat.

Dedy, seusai menghadiri Konsultasi Regional di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (21/4), mengaku optimistis kereta tersebut akan diminati masyarakat, meskipun tarif yang akan dibanderol sekitar Rp 300.000 untuk rute Jakarta-Bandung.

"Perbandingannya dengan travel Rp 100.000, tapi penumpang harus antre dan hanya mendapat space sedikit, berdempetan dengan penumpang lain dan tidak cepat, sementara kalau naik pesawat dari Halim Perdanakusuma Rp 400.000. Jadi lebih murah," katanya.

Selain itu, dia mengatakan, kereta supercepat tersebut memang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke atas, yang dinilai mampu membayar tiket tersebut.

Sebelumnya, sejumlah pihak berpendapat proyek kereta kilat tersebut tidak sesuai dengan program "Nawacita" Presiden Joko Widodo karena terlalu memberatkan rakyat.

Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia Kurniadi Atmosasmito menilai proyek "Shinkansen" terlampau mahal dan dikhawatirkan tidak diminati masyarakat, karena tarif akan tinggi sekitar Rp 500.000 dari Jakarta-Surabaya.

"Pendapatan masyarakat harus diperhitungkan juga sesuai kemampuan, belum juga power listriknya dan biaya-biaya lainnya," katanya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan mengatakan, proyek "shinkansen" harus lepas pembiayaan APBN, artinya 100 persen dibiayai swasta.

"Pokoknya dalam lima tahun tidak ada APBN untuk kereta cepat, biar komersial saja," ujar Menhub Ignasius Jonan.

Jonan mengatakan, sesuai arahan Presiden, APBN difokuskan untuk pembangunan infrastruktur bagi daerah-daerah yang masih tertinggal, perbatasan, rawan bencana, daerah terluar, dan terdalam.

Sementara itu, hasil studi dari Japan International Cooperation Agency (JICA) menyarankan pemerintah agar membentuk BUMN khusus, untuk proyek yang ditaksir mencapai Rp 60 triliun tersebut.

Dengan porsi, BUMN "shinkansen" 74 persen, swasta 10 persen, dan pemerintah 16 persen.

Jepang telah menghibahkan 15 juta dolar AS, untuk studi kelayakan proyek kereta cepat "shinkansen" rute Jakarta-Bandung pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kereta cepat tersebut akan mampu menempuh perjalanan Jakarta-Bandung hanya dalam 34 menit dan Jakarta-Surabaya 2,5 jam. (Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home