Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Minggu, 27 Februari 2022

Bayi Orangutan Lahir di SM Lamandau Kalimantan Tengah

Induk orangutan, Sakura, menggendong bayi pertamanya, Sunar di Suaka Margasatwa Lamandau, Kalimantan Tengah. (Foto: dok. KLHK)

LAMANDAU, SATUHARAPAN.COM-Kabar gembira dari Suaka Margasatwa (SM) Lamandau, Kalimantan Tengah, seekor bayi orangutan (Pongo pygmaeus) berkelamin jantan lahir dan diberi nama Sunar. Orangutan ini lahir sekitar dua pekan yang lalu dari induk orangutan yang bernama Sakura. Sunar merupakan anak pertama dari Sakura.

Sunar menjadi bayi orangutan ke 102 yang lahir di area soft release SM Lamandau. Selama tahun 2022 telah lahir sebanyak tiga individu orangutan di area ini.

“Kami berharap populasi orangutan di SM Lamandau baik yang berada di area soft release maupun orangutan liar terus bertambah. Kami akan terus menjaga habitatnya dari segala macam ancaman dan kerusakan, sehingga dapat mendukung hidupan liar orangutan dan satwa-satwa lainnya,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Nur Patria Kurniawan, Senin, (21/2).

Kelahiran Sunar sudah terpantau oleh Petugas camp OF-UK sejak pertama kali terlihat Sakura menggendong anaknya pada tanggal 9 Februari 2022 di sekitar camp. Setelah mengetahui Sakura menggendong anaknya, petugas Resort SM Lamandau Balai KSDA Kalteng dan OF-UK terus melakukan pemantauan selama 10 (sepuluh) hari. Pada pemantauan hari ketiga, petugas mengetahui bahwa Sunar berjenis kelamin jantan.

Sejak akhir tahun 2021 petugas pun sudah mengetahui orangutan Sakura sedang hamil. Terlihat Sakura sedang berada di area feeding di salah satu camp SM Lamandau pada saat itu. Hingga pada akhirnya di awal Februari 2022 Sakura melahirkan Sunar.

Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) merupakan satwa dilindungi menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.106 Tahun 2018.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home