Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:16 WIB | Senin, 23 Desember 2019

BBMKG: Gerhana Matahari Cincin Lintasi Sumut Kamis

Petugas Observatorium Ilmu Falak melakukan uji coba peralatan teleskop yang akan digunakan untuk mengamati gerhana matahari cincin di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (18/12/2019). Gerhana matahari akan tampak di Indonesia pada 26 Desember 2019. (Foto: Antara/Septianda)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyatakan Gerhana Matahari Cincin (GMC) dipastikan melintasi wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (26/12).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan GMC ini akan berlangsung sejak pukul 10.13 WIB dan berakhir pada pukul 14.02 WIB.

“Puncak Gerhana Matahari Cincin ini berlangsung pada pukul 12.4 WIB pada Kamis (26/12) 2019,” katanya kepada wartawan, di Medan, Senin (23/12/2019).

Edison menjelaskan, GMC ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil ketimbang piringan matahari.

“Akibatnya saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya,” katanya.

Ia menyebutkan, BBMKG Wilayah I Medan akan melakukan pengamatan astronomi langka ini di Pantai Indah Pandan, Tapanuli Tengah, pada waktu tersebut.

“Pengamatan serupa juga akan dilakukan di halaman Kampus Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Denai Medan,” demikian  Edison Kurniawan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home