Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:44 WIB | Selasa, 02 Maret 2021

Bea Cukai Sutta Gagalkan Pengiriman Tiga Kg Sabu

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finnari Manan ketika memberikan keterangan pers. (Foto: Humas Polda Metro Jaya)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Jajaran Bea Cukai Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggagalkan pengiriman narkoba jenis sabu seberat 3.050 gram dari Jakarta ke Surabaya. Barang haram tersebut disembunyikan dalam alat-alat elektronik.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finnari Manan, menyebut pengungkapan kasus pengiriman narkoba ini bermula ketika ditemukan barang mencurigakan yang dibawa oleh tersangka berinisial MF, pada hari Senin (8/2/2021).

Tersangka yang datang menjelang malam terdeteksi saat melewati pemeriksaan X-ray. Padahal, biasanya kurir narkoba datang pada tengah malam. “Tersangka masih berusia 20 tahun… Setelah diperiksa ternyata didapati serbuk kristal dalam barang bawaannya,” kataFinnari kepada wartawan di Tangerang, hari Senin (1/3).

Hasil uji laboratorium pada barang temuan yang mencurigakan tersebut, ternyata menunjukkan serbuk kristal tersebut merupakan narkotika golongan satu jenis methamphetamine. Barang haram tersebut, dikemas oleh pemasoknya dengan menggunakan pembungkus plastik dan disembunyikan dalam tiga kapasitor mobil dan satu unit stop kontak.

“Ditemukan satu bungkusan kristal pada masing-masing barang elektronik tersebut. Kami melakukan uji laboratorium dan hasilnya adalah barang tersebut positif sabu-sabu seberat tiga kilogram,” katanya.

Bea Cukai Bandara Soetta pun telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan melacak alur pengiriman barang tersebut. Tim gabungan kemudian berangkat ke Surabaya dan menangkap dua orang tersangka yang bertugas menjemput tersangka MF. Namun, penerima barang masih buron.

“Sesuai hasil komunikasi MF dengan pengendali di Malaysia, MF diarahkan ke Surabaya dan akan dijemput di terminal. Tim langsung bergerak ke sana dan menangkap dua orang lain yang menjemput MF,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home