Loading...
KULINER
Penulis: Melki Pangaribuan 15:51 WIB | Sabtu, 07 Mei 2022

Bedanya Smoothie Hijau dengan Jus Hijau

Ilustrasi - Smoothies. (Foto: Pexels)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mana yang harus dipilih antara smoothie hijau dan jus hijau? Pakar nutrisi Farzanah Nasser menjelaskan perbedaan dari keduanya, dikutip dari Indian Express, Sabtu (7/5/2022).

Smoothie
Smoothie merupakan buah atau sayur dicampur bersama dengan cairan. 

Minuman ini penuh serat dan mendukung keseimbangan gula darah.

Smoothie dapat  menjadi pengganti makanan karena serat memperlambat gula masuk ke aliran darah dan membuat seseorang kenyang lebih lama.

"Smoothie juga membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian dan memberi asupan mikroba dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk imunitas dan kesehatan," jelas Nasser.

Jus
Membuat jus berarti mengekstraksi serat dan meminum jusnya saja. 

Nasser mengatakan, jus yang terbuat hanya dari buah dapat menyebabkan masalah gula darah, maka tambahkan lebih banyak sayuran ke dalam jus agar gula darah tidak melonjak. 

Jadi jus bukanlah pengganti makanan seperti smoothies.

"Ketika saya sakit dan butuh sesuatu yang menyegarkan, saya memilih jus. Saya juga minum jus ketika butuh nutrisi tertentu, saya minum 30 menit sebelum makan. Itu caranya agar jus dapat diserap sebelum saya makan," kata Nasser.

Bila ingin mengenyangkan perut, smoothies dapat menjadi pengganti makan atau camilan berat, juga sarana mengonsumsi lebih banyak sayuran.

"Keduanya bagus dan bisa dinikmati sebagai bagian dari pola makan seimbang," kata Nasser.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home