Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 13:53 WIB | Senin, 10 Oktober 2016

Begini Seharusnya Jembatan Penyeberangan Dirawat

Sebuah crane diterjunkan untuk membantu pembongkaran papan reklame yang terpasang di dinding JPO di kawasan Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perawatan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) harus dilakukan secara berkala agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu disampaikan Kasubdit Terowongan dan Jembatan Khusus Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Iwan Zarkasi.

"Itu sama sekali tidak boleh luput dari perawatan, agar bisa tetap berfungsi baik sebagai jembatan," kata Iwan di Jakarta, hari Senin (10/10).

Iwan memaparkan, terdapat beberapa jenis perawatan untuk JPO yang beroperasi di seluruh Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

Secara umum, perawatan rutin JPO yang terbuat dari beton maupun baja perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan setiap hari.

Selain itu, lanjut Iwan, terdapat pemeliharaan secara berkala, yakni perawatan yang dilakukan tiga hingga lima tahun sekali untuk menjaga kekuatannya.

Untuk JPO baja, perawatan berkala dilakukan dengan mengencangkan baut yang kendur, mengganti baut yang hilang, dan memperbaiki las yang rusak.

Sementara untuk JPO beton, perawatan dilakukan dengan menginjeksi beton yang retak dan melapisi jembatan dengan bahan khusus untuk mencegah kerusakan akibat serangan ultraviolet.

"Ada juga perawatan ekstra, misalnya pencegahan korosi pada JPO baja dengan pengecatan dan menjaga agar goyangnya jembatan itu tidak terlalu lama. Caranya dengan menambah plat," ujar Iwan.

Iwan menambahkan, perawatan dan pemeliharaan jembatan menjadi tanggung jawab pemilik jembatan itu sendiri, di mana si pemilik harus mengalokasikan anggaran khusus untuk menjaga keamanan setiap JPO yang beroperasi.

"Kalau di Jakarta ya Pemda DKI Jakarta. Meskipun banyak JPO, tidak boleh ada yang terlewat dari pemeliharaan," kata Iwan (Ant).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home