Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:34 WIB | Kamis, 24 Maret 2016

BEI: 40 Perusahaan Nyatakan Minat IPO

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio saat memberikan sambutan saat akan melakukan telekonferensi dengan perwakilan di Makassar, Medan dan Bali untuk berdialog bersama Wapres Jusuf Kalla. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa sekitar 40 perusahaan di dalam negeri menyatakan minatnya untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO).

"Hampir 40 perusahaan sudah menyatakan minat untuk IPO dalam rangka meraih dana ekspansi, proyek pemerintah diharapkan terus jalan. Sekitar 10 perusahaan di antaranya sudah menunjuk penjamin pelaksana emisi (underwriter) untuk membantu prosesnya," ujar Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, di Jakarta, hari Kamis (24/3).

Ia menambahkan bahwa BEI akan gencar membuka galeri atau kantor cabang di daerah untuk dapat lebih mengedukasi dan menyosialisasikan kepada perusahaan mengenai manfaat melakukan IPO.

Selain itu, lanjut dia, BEI juga akan menambah jumlah produk investasi di pasar modal agar lebih bervariasi sehingga menarik minat masyarakat berinvestasi, dan memperkuat modal perusahaan sekuritas.

Tito Sulistio mengatakan bahwa tren indeks BEI yang mulai bergerak menguat setelah sempat terkoreksi hingga menyentuh level 4.300 poin pada tahun lalu hingga saat ini berada di kisaran 4.800-4.900 poin dapat menambah kepercayaan yang positif, baik oleh perusahaan maupun investor terhadap industri pasar modal.

"BEI optimistis kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) BEI akan membaik seiring dengan perekonomian nasional. Target 30 perusahaan melaksanakan IPO tahun ini bisa tercapai," katanya.

Ia juga mengatakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di sektor perbankan juga ada yang menyatakan minatnya melakukan IPO. Pada kuartal ini BUMD itu sedang melakukan kajian mengenai rencana IPO.

"Dari sejumlah perusahaan yang menyatakan minat IP itu terdiri atas beberap sektor usaha, seperti sektor konsumer, pelayaran, farmasi, properti, dan lainnya," katanya.

Sepanjang tahun 2016 ini, baru terdapat tiga perusahaan yang telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI yakni PT Bank Artos Indonesia Tbk, PT Mitra Pemuda Tbk, dan PT Mahaka Radio Integra Tbk.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home