Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 13:56 WIB | Sabtu, 07 November 2015

Bekasi Dukung DKI Swakelola Sampah di Bantar Gebang

Salah satu area aktivitas pekerja sampah, di lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Dok.satuharapan.com/Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendukung langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengelola sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang dengan sistem swakelola. 

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendukung apa yang disampaikan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, saat mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah.

"Intinya, wali kota mereka juga lebih suka kalau kita langsung kelola sampah," kata Ahok di Balai Kota, hari Jumat (6/11).

Menurut Ahok, dalam pertemuan itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, juga sepakat jika kontrak kerja sama antara Pemprov DKI dan PT Godang Tua Jaya, pengelola sampah TPST Bantar Gebang, wanprestasi.

"Wali Kota Bekasi sudah melihat ini wanprestasi, kenapa kita nggak ambil alih dan kita kerjakan bersama," kata dia.

‎Ahok menyampaikan, Pemkot Bekasi selama ini juga membuang sampah di TPST Bantar Gebang, yang sebagian merupakan lahan milik Pemprov DKI.

"Sampah Bekasi itu dibuangnya ya ke Bantar Gebang. Jadi Bantar Gebang itu juga dibutuhkan Kota Bekasi," kata dia.

Ahok juga meminta pengiriman sampah asal DKI Jakarta ke Bantar Gebang ‎melalui Jalan Transyogi, Cileungsi, Bogor diperbolehkan melintas selama 24 jam. Wali Kota Bogor, Bima Arya, mendukung hal itu dan menawarkan tempat pengelolaan sampah di Bogor.

"Kita mesti kerja sama. Tadi saya sama Kepala Dinas Kebersihan, katanya nanti bangun kerja sama," kata dia.(beritajakarta.com)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home