Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 13:01 WIB | Jumat, 09 April 2021

Belasan Anjing Pelacak Dikerahkan Mencari Korban Siklon Tropis Seroja di NTT

Kepala BNPB, Doni Monardo, mengunjungi lokasi bencana di Nusa Tenggara Timur, pada hari Kamis (8/4). (Foto: BNPB/Apri Setiawan)

SATUHARAPAN.COM-Siklon tropis Seroja yang menerjang kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menyisakan korban hilang. Prioritas penanganan darurat pos komando di beberapa wilayah, salah satunya pencarian dan evakuasi korban hilang dengan SAR dog (anjing pelacak).

Data BNPB, seperti disampaikan Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, ada sejumlah anjing dengan kualifikasi rescue (SAR) dog dan K9 diterjunkan untuk membantu dalam pencarian korban hilang.

Hingga kini, puluhan warga masih dilaporkan hilang pasca kejadian yang dipicu oleh siklon tropis Seroja. Wilayah yang masih melaporkan adanya korban hilang, antara lain Lembata, Flores Timur dan Alor.

BNPB mendapatkan dukungan Polri dan Jakarta Rescue untuk membantu operasi pencarian dan evakuasi dengan SAR dog di lokasi tersebut. Jakarta Rescue mengirimkan tujuh SAR dog, sedangkan Polri mengirimkan enam anjing K9.

Ketujuh SAR dog Jakarta Rescue yang dikerahkan oleh BNPB ini berasal dari beberapa unit, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jakarta Timur dan Jawa Tengah. Dukungan satu SAR dog berada di Adonara, sedangkan empat SAR dog di Lembata. Jakarta Rescue menyiagakan dua lainnya di Kupang. Rencananya satu SAR dog digerakkan ke Kabupaten Kupang hari Jumat(9/4).

Sedangkan anjing jenis K9 dari Polri terdiri Belgian Malinois tiga ekor, German Shepherd dua dan Pointer satu ekor. Keenam anjing membantu pencarian korban hilang di Adonara sejumlah tiga ekor dan Lembata tiga ekor. Mabes Polri akan menambah 10 anjing untuk membantu pencarian.

Dalam rapat koordinasi penanganan darurat bencana siklon tropis Seroja, Kepala BNPB, Doni Monardo, mengatakan akan memaksimalkan SAR dog di ketiga wilayah. Doni menyampaikan bahwa dukungan SAR dog sangat membantu petugas dalam mencari korban maupun dalam mengarahkan alat berat di lokasi.

“SAR dog efektif untuk menyasar jenazah yang tertimbun,” kataDoni pada Kamis (8/4) secara virtual dalam konferensi pers.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home