Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:03 WIB | Minggu, 11 Juli 2021

Belgia: Perempuan 90 Tahun Terinfeksi Dua Varian COVID-19 Sekaligus

Virus corona (COVID-19). (Foto ilustrasi: dok. Ist)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Seorang perempuan berusia 90 tahun yang meninggal setelah jatuh sakit karena COVID-19 terinfeksi oleh varian Alpha dan Beta dari virus corona pada saat yang sama. Para peneliti di Belgia mengatakan itu pada hari Minggu (11/7), menambahkan bahwa fenomena langka itu mungkin selama ini diremehkan.

Perempuan yang tidak divaksinasi itu tinggal sendirian dan menerima perawatan di rumah. Dia dirawat di Rumah Sakit OLV di kota Aalst, Belgia setelah beberapa kali jatuh pada bulan Maret dan dinyatakan positif COVID-19 pada hari yang sama.

Sementara itu, diketahui kadar oksigennya pada awalnya baik, kondisinya memburuk dengan cepat dan dia meninggal lima hari kemudian.

Ketika staf medis menguji adanya varian yang mengkhawatirkan, mereka menemukan bahwa dia membawa strain Alpha, yang berasal dari Inggris, dan varian Beta yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

“Kedua varian ini beredar di Belgia pada saat itu, jadi kemungkinan perempuan itu terinfeksi dua varian virus yang berbeda dari dua orang yang berbeda,” kata ahli biologi molekuler, Anne Vankeerberghen, dari Rumah Sakit OLV yang memimpin penelitian.

“Sayangnya, kami tidak tahu bagaimana dia terinfeksi.” Vankeerberghen mengatakan sulit untuk mengatakan apakah koinfeksi berperan dalam penurunan cepat yang dialami pasien.

Penelitian, yang belum diserahkan ke jurnal medis untuk publikasi, sedang dipresentasikan di Kongres Mikrobiologi Klinis & Penyakit Menular Eropa.

Sementara Vankeerberghen mengatakan dalam siaran pers bahwa "tidak ada kasus lain yang dipublikasikan" dari koinfeksi serupa, dia menambahkan bahwa "fenomena itu mungkin diremehkan".

Ini karena pengujian terbatas untuk varian yang menjadi perhatian, katanya, menyerukan peningkatan penggunaan pengujian PCR cepat untuk mendeteksi mutasi varian yang diketahui.

Pada bulan Januari, para ilmuwan di Brasil melaporkan bahwa dua orang telah terinfeksi secara bersamaan dengan dua jenis virus corona yang berbeda, tetapi penelitian tersebut belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Dalam komentar yang bereaksi terhadap penelitian tersebut, Lawrence Young, seorang ahli virologi dan Profesor Onkologi Molekuler di Universitas Warwick, mengatakan tidak mengejutkan menemukan seseorang yang terinfeksi lebih dari satu jenis virus.

“Studi ini menyoroti perlunya lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah infeksi dengan berbagai varian yang menjadi perhatian memengaruhi perjalanan klinis COVID-19 dan apakah ini dengan cara apa pun membahayakan kemanjuran vaksinasi,” tambahnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home