Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:07 WIB | Jumat, 21 Februari 2020

Berani Berubah untuk Indonesia Lebih Lestari

Berani Berubah untuk Indonesia Lebih Lestari
Ketua Umum BPK PENABUR, Adri Lazurdi didampingi siswa siswi PENABUR serta para pengurus BPK PENABUR di 15 kota dalam aksi kepedulian ‘Pekan Budaya Bersih dan Bebas Plastik’ bertepatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Aula SMAK 1 PENABUR, Jakarta, hari Jumat (21/2/2020). (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Berani Berubah untuk Indonesia Lebih Lestari
Adri Lazurdi, Ketua Umum BPK PENABUR memperkenalkan perahu karet dari bahan botol plastik bekas sekali pakai yang dibuat siswa-siswi TKK 7 PENABUR dalam aksi kepedulian ‘Pekan Budaya Bersih dan Bebas Plastik’ yang bertepatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Aula SMAK 1 PENABUR, Jakarta, hari Jumat (21/2/2020).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dalam rangkaian HUT ke-70 BPK PENABUR yang mengusung tema ‘Berani Berubah: Semakin Peduli dan Berbagi’, BPK PENABUR, hari Jumat (21/2) menyelenggarakan aksi kepedulian ‘Pekan Budaya Bersih dan Bebas Plastik’.

Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, kegiatan aksi kepedulian ini diadakan di Aula SMAK 1 PENABUR dan dihadiri oleh pengurus BPK PENABUR di 15 kota yakni Jakarta, Bogor, Cicurug, Cianjur, Sukabumi, Cimahi, Bandung, Rengasdengklok, Jatibarang, Indramayu, Tasikmalaya, Bandrar Lampung, Metro, dan Serang.   

“Bersamaan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, BPK PENABUR ingin mengajak setiap warga sekolah baik peserta didik maupun karyawan BPK PENABUR untuk mulai membudayakan kebiasaan bebas plastik," ujar Adri Lazurdi, Ketua Umum BPK PENABUR.

Produksi sampah plastik di Indonesia menurut riset McKinsey and Co dan Ocean Conservancy mencapai 175.000 ton setiap harinya dan dalam kurun waktu satu tahun dapat mencapai 63,9 juta ton. 

Jumlah tersebut membuat Indonesia menjadi penyumbang sampah terbesar setelah Tiongkok. Sedangkan menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebanyak 72 persen penduduk di Indonesia kurang peduli dengan masalah sampah terutama perihal sampah plastik. 

Untuk itu, kata Adri, perlu keberanian dari dalam diri untuk berubah dan mulai mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan demi alam Indonesia agar tetap lestari. 

"Mari sama-sama kita menyuarakan ‘BPK PENABUR Bersih, Bebas Plastik Sekali Pakai’,” kata Adri Lazurdi seraya mengajak setiap tamu undangan untuk mengangkat Tumbler/Kotak Makan/Sedotan Stainless bersama-sama.

Mulai hari Jumat ini juga di setiap sekolah BPK PENABUR ditempelkan poster dan spanduk ‘Pekan Budaya Bersih dan Bebas Plastik’ dan menyediakan air galon isi ulang serta tempat sampah minimal dua jenis yakni Organik dan Anorganik. 

Setiap warga sekolah juga mulai di edukasi untuk ‘Melihat, Memungut, dan Membuang’ sampah ke tempat sampah serta mulai membawa tumbler atau kotak makan atau sedotan stainless masing-masing.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home