Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:05 WIB | Kamis, 18 November 2021

Berbagai Upaya Menkes Cegah Gelombang Ketiga COVID-19

Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Indonesia sudah masuk kategori Level 1 risiko penularan COVID-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada akhir Oktober lalu, namun ancaman pandemi ini masih ada dengan kemungkinan munculnya gelombang ketiga.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengingatkan warga masyarakat tidak terlena dengan status tersebut, karena ancaman gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir tahun masih mungkin terjadi.

Masyarakat yang berada di Indonesia maupun yang hendak masuk ke Indonesia, harus tetap disiplin menjalani protokol kesehatan dan mematuhi setiap kebijakan yang dibuat pemerintah. “Tidak ada toleransi bagi pihak yang melanggar ketentuan,” tegas Nadia.

Kementerian Kesehatan melakukan sejumlah hal untuk mempertahankan kondisi COVID-19 seperti saat ini bahkan terus berupaya menurunkan kasusnya lagi. Upaya-upaya itu adalah:

  1. Penanganan COVID-19 melalui deteksi dengan meningkatkan tes epidemiologi,
  2. Meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak,
  3. Pelacakan dan pemantauan genom virus SARS-CoV-2 atau yang disebut surveilans genomic,
  4. Mengkonversi tempat tidur di rumah sakit sebanyak 30-40 persen dari total kapasitas RSk
  5. Pemenuhan suplai oksigen, alat kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM)k
  6. Mengerahkan tenaga kesehatan cadangank
  7. Pengetatan syarat masuk rumah sakitk
  8. Pemanfaatan isolasi terpusat.

Pemerintah juga mengalokasikan vaksin sebanyak 50 persen di daerah dengan kasus dan mobilitas tinggi. Juga memperbanyak sentra vaksinasi, memberlakukan syarat kartu vaksin, dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Sementara itu, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bertingkat masih terus dievaluasi secara berkala sesuai dengan keadaan masing-masing wilayah atau kota.

Pemerintah telah berupaya membuat kebijakan dan strategi khusus selama pandemi COVID-19. Masyarakat berperanan penting dan diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dengan cara tetap patuhi protokol kesehatan dan mentaati aturan yang dibuat demi kebaikan bersama agar pandemi virus corona segera berakhir.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home