Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 16:27 WIB | Selasa, 28 Mei 2019

Berbagi Kasih di Bulan Kesaksian dan Pelayanan

Berbagi Kasih di Bulan Kesaksian dan Pelayanan
Kegiatan bazaar dan penjualan sembako murah di GKI Cawang, Jakarta Timur, Minggu (26/5), bagi warga sekitar yang membutuhkan, dilaksanakan dalam rangka Bulan Kesaksian dan Pelayanan 2019. (Foto-foto: Sotyati)
Berbagi Kasih di Bulan Kesaksian dan Pelayanan

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Satu per satu, pada Minggu (26/5), sejak pukul 08.00, orang berdatangan ke area bazaar yang digelar Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jl Cawang Baru Tengah, di jalan depan gereja. Kadang kala, datang berombongan. 

Mereka adalah warga yang tinggal di sekitar GKI Jl Cawang Baru Tengah, di lingkungan RW 09, 010, 011, Kelurahan Cipinang Cempedak. Pada hari itu mereka mendapatkan kesempatan membeli sembako murah yang diadakan gereja bersamaan dengan penyelenggaraan bazaar.

Dengan menukar kupon senilai Rp50.000, warga mendapatkan beras 2 kg, gula 1 kg, terigu 1 kg, minyak 1 liter, mentega 250 gr, sirup 1 botol, beberapa mi instan, ditambah bonus salah satu produk dari produk penyedap rasa. Sejak pukul 08.00 Sunarti Alibasyah, Neti Kartono, Dorcas Feriana Weru, Febryana Jazin, Otty T Jonatan, melayani penukaran kupon.

“Isinya lumayan. Sangat membantu,” kata seorang warga yang sempat membuka bungkusan isi sembako itu, ketika dimintai pendapat.

“Ini penyelenggaraan yang kedua kalinya untuk bazaar dan penjualan sembako murah bagi warga sekitar. Kami menyiapkan total 350 paket,” kata Kartono Loman, Ketua Panitia Bulan Kesaksian dan Pelayanan 2019 GKI Cawang.

“Fokusnya sengaja diambil menjelang Idul Fitri, dengan tujuan gereja berbagi dan bisa membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan,” ia menambahkan.

Panitia bekerja sama dengan tiga ketua rukun warga dalam hal distribusi kupon kepada warga yang membutuhkan.  

Berkaitan dengan pengadaan sembako murah itu, panitia menggalang dana, membuka meja seusai ibadah selama empat minggu sebelumnya untuk mengajak jemaat berpartisipasi.

“Bersyukur ada bantuan dana dari Telkomsel,” Kartono menambahkan, yang membuat total anggaran yang dibutuhkan untuk kegiataan itu sebanyak Rp46 juta tercukupi.

Ia juga bersyukur 350 paket sembako yang disediakan itu dapat disalurkan. 

Bakti Sosial Kesehatan

Selain dapat membeli sembako murah, warga berkesempatan berbelanja baju murah, aneka kue kering, makanan beku, aksesoris, dan kebutuhan sehari-hari.

Bulan Kesaksian dan Pelayanan GKI Cawang 2019, seperti dipesankan dalam khotbah di mimbar, diharapkan tidak hanya berhenti di tataran seremonial dan rutinitas.

Kepedulian merupakan respons orang beriman akan kasih Allah yang telah dilimpahkan kepada setiap orang percaya. Kepedulian tersebut dapat diwujudkan melalui tindakan sederhana yang pasti dapat kita lakukan kepada sesama manusia dan lingkungan/alam ciptaan Allah.

Bazaar dan penjualan sembako murah GKI Cawang memang bukan satu-satunya bentuk kepedulian kepada warga sekitar. Pada Sabtu, 22 Juni 2019, GKI Cawang melaksanakan bakti sosial kesehatan. Bertempat di SDN Cipinang Cempedak 09 Pagi, Tim Baksos Kesehatan menargetkan melayani 200 orang.

Selain itu, Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) satu kali setiap akhir bulan pada hari Minggu setelah selesai kebaktian I dan II, rutin melayani warga sekitar selain melayani warga jemaat. Kegiatan itu terdiri atas pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah sesaat, pemeriksaan kolesterol, dan pemeriksaan asam urat.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home