Loading...
RELIGI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:12 WIB | Sabtu, 19 Maret 2016

Berkerudung Beda Iman: Seruan Toleransi dari Semarang

Peserta "Jumpa Hati Perempuan Lintas Agama" berfoto di depan Masjid Jami' Istiqomah, Semarang, Jawa Tengah pada hari Rabu (9/3). (Foto: bbc.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perbedaan pendapat, pandangan dan keyakinan terkadang menjadi batu sandungan bagi umat manusia untuk bersatu. Khususnya perbedaan iman atau keyakinan. Namun, hal tersebut tidak terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

Kelompok perempuan ini sama-sama memakai kain yang menutupi kepala mereka. Mereka sama-sama berkecimpung di dunia pendidikan khususnya untuk anak-anak usia dini. Tetapi ada satu yang berbeda yaitu Suster Atanasia (56) tanpa canggung berbaur bahkan berfoto bersama perempuan Muslim berkerudung.

Kedekatan antara Suster Atanasia dan guru-guru TK Kucica ini terjalin setahun terakhir. Berawal dari pertemuan dalam kegiatan Himpunan Pendidik dan Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Semarang.

Suster Atanasia, adalah biarawati dari Kongregasi Abdi Kristus yang aktif dalam dunia pendidikan. Lewat kegiatan Himpaudi, dia dan sejumlah guru TK Kucica sering bertemu dan mengadakan acara-acara bersama.

“Sering latihan bareng. Kalau ada acara di sekolah St Theresia kami selalu datang. Bahkan dikenalkan dengan suster lainnya. Semua ramah," kata Deasy Irawati, salah satu guru TK Kucica.

Lambat laun, interaksi mereka tak hanya melulu terkait kegiatan organisasi, tapi kian personal. Guru-guru muda yang semua berjilbab tak pernah merasa risih ketika datang ke kompleks asrama dan Sekolah Mardi Rahayu, Ungaran, tempat biarawati tinggal. Pun sebaliknya, ketika suster bertandang ke TK Kucica.

"Orangnya asyik dan fun ngobrol apa saja. Jadi kami merasa kalau Ibu tidak hanya seorang suster tapi juga ibu dan teman," imbuh Deasy.

Para Perempuan Berkerudung

“Bagi mereka agama bukan penghalang atau pembatas untuk menjalin kebersamaan,” kata Nonie Arnie, wartawan di Semarang melaporkan untuk BBC Indonesia.

Mereka tampak begitu klop bekerja sama ketika menampilkan tari anak 'zunea-zunea' dalam acara Jumpa Hati Perempuan Lintas Agama di halaman Gereja Katolik Kristus Raja, Rabu (09/03).

Tak hanya Suster Ata dan guru TK Kucica yang berpartisipasi dalam acara itu, ratusan perempuan yang mewakili komunitas Muslim dan Kristiani datang untuk menyerukan persahabatan, toleransi, dan pesan pluralisme. Partisipan semakin bertambah ketika mereka juga berkunjung ke Masjid Jami’ Istiqomah yang berada persis di depan gereja.

“Ini menjadi titik awal perempuan lintas agama bersama-sama mengambil peran untuk perdamaian dan semangat kemanusiaan,” ujar koordinator acara Yulia Silalahi dari Kongregasi Penyelenggaraan Ilahi.

Nonie menambahkan konsep acara tersebut menarik. Apalagi ketika ada dua Budi yang berbeda keyakinan tampil di atas panggung. Kyai Budi dan Romo Budi sama-sama berbicara soal cinta yang universal. Kemudian, di sela-sela, ada pertunjukan dan musik-musik bertema kasih dan kemanusiaan.

“Menyentuh, begitu humanis, saya pun ikut terenyuh. Mereka tidak bicara saya Islam, kamu Kristen, tapi bicara persaudaraan," kata dia.

Walau banyak diapresiasi, acara ini sempat ditentang oleh sebagian kalangan. Bahkan, ada yang mengurungkan niat untuk berpartisipasi.

Penyelenggara mengatakan ada sedikit acara yang diubah untuk menghindari gejolak. "Ada yang tetap ikut meski diteror dan dibully. Merata antara Muslim, Katolik, Kristen.”

Perempuan adalah 'Agen Perubahan'

Acara tersebut diinisiasi oleh Forum Persaudaraan Perempuan yang dibentuk 18 Februari lalu, menjawab keresahan terhadap maraknya kasus intoleransi di Indonesia.

Perempuan-perempuan muslimat dari Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), perempuan Katolik, Kristen dan para suster dari berbagai Tarekat di Semarang kemudian menggelar pertemuan untuk memaknai peran perempuan bagi bangsa.

“Kita akan mengetahui perbedaan lewat perjumpaan. Itu gagasan awal,” jelas Yulia Silalahi.

Dia yakin perjumpaan adalah ruang yang dapat dimanfaatkan untuk menemukan ketidaktahuan, menciptakan pemahaman yang muncul dari interaksi dan dialog. Apalagi,lanjut dia, perempuan mempunyai posisi strategis sebagai agen perubahan untuk mengubah dunia. Perempuan bisa menciptakan perdamaian dari lingkup terkecil.

“Kerudung beda, perjuangan dan nilai-nilai sama kita wujudkan dengan bergandengan tangan. Sekat akan makin hilang. Ini pesan untuk seluruh warga dunia. Ya, kita tidak tahu apa tantangan ke depan, makanya harus terus bergerak dan bertindak sesuai kapasitas,” kata Yulia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home