Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Heri Darmanto 13:22 WIB | Senin, 09 Agustus 2021

Berlatih Ending Catur dengan Bantuan Teknologi

Tangkapan layar shop.chessbase.com

SATUHARAPAN.COM - Postingan ini merupakan seri artikel Akselerasi Kemajuan Catur Dengan Memanfaatkan Teknologi (Bagian-4). Di jaman milenial ini peran teknologi sangat signifikan untuk mengakselerasi kemajuan catur. Pecatur dapat belajar catur, berlatih catur di mana saja, kapan saja, tidak harus tatap muka dengan pelatih caturnya. Apalagi di masa wabah pandemi Covid-19 yang saat ini semakin mewabah sampai pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. 

Tulisan seri ke-4 ini lanjutan tulisan sebelumnya yang membahas peran teknologi dalam proses belajar berlatih catur. Di tulisan pertama telah dibahas secara ringkas belajar dan berlatih catur berbantu teknologi baik dengan laptop ataupun HP. 

Dalam tulisan kedua telah dibahas secara rinci bagaimana belajar teori catur baik dari buku catur (buku cetakan dan ebook digital catur), dari artikel di website catur baik yang bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, juga dari video catur di youtube dan lain-lainnya. Selain tentu saja belajar teori catur dari klub dan sekolah catur serta les catur secara private dari pelatih catur manusia secara langsung. 

Pada tulisan ketiga tempo hari dibahas berlatih taktik catur berbantu teknologi secara rinci. Dan bagian ke-4 kali ini akan dibahas secara lebih rinci lagi berlatih ending catur berbantu teknologi, baik dari laptop ataupun dari HP. 

Berlatih Ending Catur dari Software Catur di komputer/laptop.

Ending atau babak akhir adalah tahap terakhir dari permainan catur. Permainan catur secara umum dibagi menjadi tiga fase atau tahap atau babak yaitu Fase Opening (Pembukaan Catur), Fase Middle (Babak Tengah) dan Fase Ending (Permainan Akhir). Banyak sekali Grandmaster catur yang menyarankan belajar ending catur lebih dahulu sebelum skill catur lainnya. Mungkin ini karena dalam Ending catur menangani posisi sederhana dengan sedikit buah catur, sehingga tampak lebih sederhana dan mudah, misal dimulai dari tiga buah catur Putih: Raja+Bidak vs Raja. Yang mana ini sesuai dengan prinsip belajar dari yang mudah menuju ke yang sulit, yang sederhana menuju ke yang rumit. 

Meskipun buah catur sedikit tidak berarti mudah begitu saja ditangani. Sangat banyak terjadi para pecatur tergelincir atau bahkan kesulitan menangani ending catur atau bahkan Grandmaster sekalipun dapat terlena dalam babak akhir ini. Mengapa hal ini terjadi?

Dalam babak akhir ancaman buah catur seringkali halus dan tidak tampak, tidak seperti babak tengah yang umumnya menyerang raja lawan untuk dibunuh atau merebut kemenangan materi. Karena halus inilah, kadang perbedaan letak buah catur yang sedikit atau mirip sangat berbeda hasilnya. Juga tempo langkah sangat menentukan. Hanya selisih benteng satu petak saja dapat berakibat hasil menang jadi remis, atau remis jadi kalah dan seterusnya. Oleh karena inilah, skill ending catur wajib dikuasai bagi para pecatur serius, para atlet yang pengen juara apalagi master dan profesional. 

Belajar berlatih ending catur dapat menggunakan software catur, dapat dari web catur dan juga dari app ending catur di HP kita seperti halnya berlatih taktik catur (telah dibahas di seri tulisan sebelumnya). Belajar Ending Catur dari software catur. Banyak sekali software catur yang dapat digunakan untuk berlatih ending catur dan dapat kita install di komputer atau laptop kita.

Salah satu software yang dapat dipakai berlatih ending catur dan gratis didownload yaitu LUCAS CHESS (https://lucaschess.pythonanywhere.com/index?lang=id) yang merupakan software open source dibuat oleh programmer bernama Lucas Monk. Kelebihan software catur ini adalah fiturnya sangat lengkap dan GRATIS serta sudah mendukung Bahasa Indonesia, sehingga mudah dimengerti untuk berlatih. Selain dapat untuk berlatih taktik catur, Lucas Chess dapat juga untuk melatih ending catur berbasis teknologi.

 

Software kedua yang saya sarankan untuk berlatih ending catur adalah software Chessbase Fritz Trainer dengan dilengkapi Kursus Interaktif Ending Catur. Kelebihan software ini adalah sangat interaktif bahkan ada video tutorialnya (berbahasa Inggris) yang menjelaskan posisi yang sedang dilatih, dibantu dengan gambar anak panah, penandaan petak dan buah catur dengan kota berwarna dan lain-lainnya. Software catur ini tidak gratis, alamat website resmnya: https://shop.chessbase.com/en/products/martin_first_steps_in_endgames

Software ketiga untuk berlatih ending catur yaitu CHESSIMO. Kelebihan software ini adalah sangat interaktif, ada report pengerjaan tiap latihan ending. Disediakan puzzle ending catur yang sangat lengkap mulai dari dasar sampai yang lebih rumit. Menggunakan sistem repetition (pengulangan) untuk membantu menghapal materi ending. Website CHESSIMO - http://chessimo.com/

Berlatih Ending Catur dari App Catur di HP/Smartphone atau TAB.

Seperti halnya berlatih taktik catur, selain berlatih dari laptop atau PC dengan software, berlatih ending catur dapat dilakukan dari HP/Smartphone atau TAB dengan App catur ending. Kelebihan latihan ending catur dari HP adalah lebih fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja, bahkan sambil berdiri di jalanan, sedang perjalanan dalam kendaraan atau bahkan sedang di toilet sekalipun, hal semacam ini yang tak dapat dilakukan dengan laptop/PC. Beberapa app ending catur yang sering digunakan antara lain, SERI APK CHESSKING dari CONVEKTA, misalnya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chessking.android.learn.endingsforbeg

Selain app taktik catur dari convekta, ada app CHESSIMO yang selain dapat untuk melatih taktik catur juga dapat untuk melatih ending catur. Selain merilis versi PC (Windows), Chessimo juga dibuat di sistem operasi Android yang dimainkan dari HP atau TAB. Jadi sangat praktis dapat melatih ending catur di mana saja berada. Alamat app Chessimo for Android adalah:

https://play.google.com/store/apps/details?id=de.chessimo.app

App lainnya yang sangat bagus untuk berlatih ending catur dari HP adalah FINALES DE AJEDREZ atau ENDGAME TRAINER. App ini melatih ending catur dengan cara simulasi bermain ending catur melawan tablebase (bukan engine). Posisi ending yang sudah dikerjakan akan ditandai kotak kecil warna hijau. Ada ribuan posisi ending catur yang tersedia. 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mbartl.perfectchesstrainer.android

Berlatih Ending Catur dari WEB CATUR. 

Berlatih ending catur dari web catur dengan aplikasi web (tidak harus diinstall) adalah cara tercanggih saat ini berlatih catur dengan bantuan teknologi. Kelebihan latihan ending catur dari web adalah selain hasil latihan tercatat dan terukur, latihan ini juga dapat dipantau kapanpun 24 Jam non stop karena data hasil latihan tercatat di server ending catur di web tersebut. 

Berlatih ending catur ada yang free/gratis dan juga ada yang berbayar. Tapi semuanya membutuhkan yang namanya akun keanggotaan agar dapat berlatih ending catur. Cara daftarnya biasanya melalui email atau HP dari pengguna. 

Banyak sekali web catur yang menyediakan latihan ending catur secara online sebagai berikut, yang pertama adalah CHESSTEMPO - https://chesstempo.com/chess-endgames/ Server chesstempo menyediakan fitur yang lengkap dan interaktif, salah satunya yang canggih adalah statistik reportnya yang lengkap berbentuk grafis sehingga mudah untuk dievaluasi untuk perbaikan latihan selanjutnya.

Web catur lainnya selain Chesstmpo yang menyediakan latihan ending catur adalah CHESSPUZZLE.net. Website ini walaupun masih relatif baru namun fiturnya sangat menarik. Misalnya dapat latihan ending catur dengan kondisi tertentu, misalnya mengerjakan puzzle yang remis saja atau posisi ending bertahan. Lalu ada ending yang berasal dari opening tertentu dan masih banyak lagi. Dan tingkat kesulitan juga dapat diatur dipilih yang level mudah, sedang atau sulit, dan seterusnya. https://www.chesspuzzle.net/id/Filter

Selain Chesstempo dan chesspzzule.net server catur lainnya yang terkenal dan sekarang populer adalah server catur LICHESS, yang merupakan layanan web catur online yang dikenal dipakai untuk pertandingan catur online. Di server ini selain tersedia puzzle tactic catur, juga ada latihan untuk ending catur.

https://lichess.org/training/endgame

 

MN Heri Darmanto


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home