Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Heri Darmanto 10:43 WIB | Sabtu, 31 Juli 2021

Berlatih Taktik Catur dengan Bantuan Teknologi

Catur (Foto: lichess.org/training)

SATUHARAPAN.COM – Di jaman millennial ini peran teknologi sangat signifikan untuk mengakselerasi kemajuan catur. Pecatur bisa belajar catur, berlatih catur di mana saja, kapan saja, tidak harus tatap muka dengan pelatih caturnya. Apalagi di masa wabah pandemi COVID-19 yang saat ini semakin mewabah sampai pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. 

Seri artikel Akselerasi Kemajuan Catur Dengan Memanfaatkan Teknologi (Bagian-3) ini merupakan lanjutan tulisan sebelumnya yang membahas peran teknologi dalam proses belajar berlatih catur. Di tulisan pertama telah dibahas secara ringkas belajar dan berlatih catur berbantu teknologi baik dengan laptop ataupun HP. 

Dalam tulisan kedua telah dibahas secara rinci bagaimana belajar teori catur baik dari buku catur (buku cetakan dan ebook digital catur), dari artikel di website catur baik yang bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, juga dari video catur di youtube dan lain-lainnya. Selain tentu saja belajar teori catur dari klub dan sekolah catur serta les catur secara private dari pelatih catur manusia secara langsung.

Pada tulisan ketiga (terakhir) kali ini akan dibahas secara lebih rinci lagi tentang bagaimana proses berlatih catur ini berbantu teknologi, baik dari laptop ataupun dari HP. Tulisan ketiga ini sejatinya adalah intinya dari tiga seri tulisan akselerasi kemajuan catur dengan memanfaatkan teknologi.

Kalo belajar teori catur pemain  menghafalkan teorema, aturan, hukum, prinsip, pedoman dari catur, apa yang boleh dilakukan, apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, dan bagaimana menerapkan semua teori catur dalam permainan sendiri, berlatih catur adalah melatih, menguji ilmu catur dengan mengerjakan berbagai macam posisi catur. Hal ini paling efektif dan efisien jika dikerjakan dari perangkat elektronik baik dari laptop ataupun HP. Karena jika dikerjakan manual dari buku catur, puzzle semacam ini hasil  yang diperoleh akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan cara digital berbantu teknologi. Jika dilakukan secara manual, dalam 1 jam mungkin hanya bisa menyelesaikan sekitar 20-30an posisi catur. Sedangkan dengan bantuan teknologi, kita bisa mengerjakan puzzle catur bisa mencapai 100-an posisi dengan waktu yang sama. 

Selain itu berlatih catur dengan bantuan teknologi akan dapat tercatat hasilnya secara otomatis, dan hasil yang dikerjakan bisa terukur dengan angka (misalnya semacam rating atau poin yang didapat sesuai kinerja latihan). Tulisan ini akan membahas dari mana saja dan dengan app apa saja pecatur bisa melatih skill caturnya, baik Opening, Middle, Ending, Taktik, Strategy dan Kalkulasi serta sparring catur ikut turnamen catur berbantu teknologi. Silakan disimak sampai habis tulisan ini.

Berlatih Taktik Catur dari Software Catur di komputer/laptop. Taktik catur dan kombinasi catur adalah salah satu skill catur yang penting dikuasai oleh pecatur. Tujuan belajar taktik catur adalah agar pecatur mampu mengenali keberadaan taktik catur secara cepat instan (bawah sadar) dalam posisi catur apapun. Kalo kita menemukan spot taktik, bisa langsung mengeksekusinya untuk keuntungan kita. Sedangkan jika di posisi kita sendiri ada kelemahan taktis, bisa segera menjaga dan mencegahnya dengan akurat cepat.

Jika taktik catur dikuasai, bisa mengeksekusi raja lawan, bisa bertahan dari serangan lawan, bisa pasang perangkat, bisa memanfaatkan keunggulan menjadi kemenangan, dan lain-lainnya. Belajar berlatih taktik catur bisa menggunakan software catur, bisa dari web catur dan juga dari app taktik catur di HP kita. Belajar Taktik Catur dari software catur. Banyak sekali software catur yang bisa digunakan untuk berlatih taktik catur dan bisa kita install di komputer atau laptop kita. Salah satu software yang bisa dipakai dan gratis di download adalah LUCAS CHESS (https://lucaschess.pythonanywhere.com/index?lang=id) yang merupakan software open source dibuat oleh programmer bernama Lucas Monk. Kelebihan software catur ini adalah fiturnya sangat lengkap dan GRATIS serta sudah mendukung Bahasa Indonesia, sehingga mudah dimengerti untuk berlatih.  

Software kedua yang saya sarankan untuk berlatih taktik catur adalah software CT-ART dari produsen software catur CONVEKTA yang menggunakan GUI Catur yang bernama Peshka. Kelebihan software ini adalah sangat interaktif, dibantu dengan gambar anak panah, penandaan petak dan buah catur dengan kota berwarna dan lain-lainnya. Taktik catur dikelompokkan berdasarkan Tema Pola Taktik Caturnya.  Software catur ini tidak gratis, alamat website resminya: https://chesskingtraining.com/ct-art/


 

 

Berlatih Taktik Catur dari App Catur di HP/Smartphone atau TAB. Selain berlatih taktik catur dari laptop atau PC dengan software, berlatih taktik catur bisa dilakukan dari HP/Smartphone atau TAB dengan App catur taktik. Kelebihan latihan taktik catur dari HP adalah lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja, bahkan sambil berdiri di jalanan, sedang perjalanan dalam kendaraan atau bahkan sedang di toilet sekalipun, hal semacam ini yang tak bisa dilakukan dengan laptop/PC. Beberapa app taktik catur yang sering digunakan antara lain, SERI APK CHESS KING dari CONVEKTA, termasuk CT-ART juga ada versi Androidnya. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chessking.android.learn.ctart4

 

Selain app taktik catur dari convekta, ada app CHESSIMO yang selain bisa untuk melatih taktik catur juga bisa untuk melatih ending catur dan opening catur serta strategy catur.

https://play.google.com/store/apps/details?id=de.chessimo.app

 

App lainnya yang bagus untuk berlatih taktik catur dari HP adalah PERFECT CHESS TRAINER. App ini juga bisa untuk berlatih opening catur, ending catur dan lainnya. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mbartl.perfectchesstrainer.android

 

Berlatih Taktik Catur dari WEB CATUR. Berlatih taktik catur dari web catur dengan aplikasi web (tidak harus diinstall) adalah cara tercanggih saat ini berlatih catur dengan bantuan teknologi. Kelebihan latihan taktik catur dari web adalah selain hasil latihan tercatat dan terukur, latihan ini juga bisa dipantau kapanpun 24 Jam non stop karena data hasil latihan tercatat di server taktik catur di web tersebut. Berlatih taktik catur ada yang FREE/GRATIS dan juga ada yang berbayar. Tapi semuanya membutuhkan yang namanya AKUN keanggotaan agar bisa berlatih taktik catur. Cara daftarnya biasanya melalui email atau HP dari pengguna. Banyak sekali web catur yang menyediakan latihan taktik catur secara online sebagai berikut, yang pertama adalah CHESSBASE TACTIC PUZZLE TRAINING - https://tactics.chessbase.com/en/

Web catur lainnya selain Chessbase yang menyediakan latihan taktik catur adalah CHESS.com. Website ini merupakan portal catur yang senior dan lama beroperasi di internet dengan fitur yang sangat lengkap, salah satunya adalah belajar taktik catur. Di server chess.com tersedia puzze biasa, puzzle rush (cepet-cepetan mikir taktik) dan puzzle battle (bertarung taktik catur antar pengguna).

https://www.chess.com/puzzles/rated

 

Selain Chessbase dan chess.com server catur lainnya yang terkenal dan sekarang populer adalah server catur LICHESS, yang merupakan layanan web catur online yang dikenal dipakai untuk pertandingan catur online. Di server ini tersedia puzzle tactic biasa, puzzle storm cepet-cepetan mikir taktik dan puzzle race (semacam lomba taktik dengan pengguna lainnya di server tersebut). Server ini juga menyediakan latihan taktik catur dengan tema/pola taktik catur tertentu, misalnya posisi tema pakuan, garpuan, posisi ending, dll.

https://lichess.org/training

 

MN Heri Darmanto


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home