Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 22:01 WIB | Senin, 21 Juni 2021

Berlin Buka Museum Pengusiran Warga Jerman Pasca Perang Dunia II

Gundula Baveendamm, Direktur Foundation Flight, Expulsion, Reconciliation, berdiri di serambi Berlin Documentation Center of the Foundation Flight, Expulsion, Reconciliation di Berlin, Jerman, hari Rabu (16/6). (Foto: Bernd von Jutrczenka/dpa va AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Jerman membuka museum yang mengeksplorasi nasib jutaan orang Jerman yang dipaksa meninggalkan Eropa timur dan tengah pada akhir Perang Dunia II, bersama dengan pemindahan paksa lainnya pada abad ke-20 dan ke-21. Ini sebuah proyek yang disadari cukup sensitif.

Kanselir Jerman, Angela Merkel, berbicara pada upacara pembukaan Pusat Dokumentasi untuk Pemindahan, Pengusiran, Rekonsiliasi pada hari Senin (21/6), lebih dari 13 tahun setelah pemerintahnya menyetujui rencana tersebut. Bertempat di sebuah bangunan akhir tahun 1920-an di pusat kota Berlin, museum itu menampilkan sekitar 700 pameran di raung seluas 1.500 meter persegi.

Membuat proyek menjadi kenyataan telah lama dipandang sebagai “tindakan penyeimbangan yang mustahil,” kata direktur pusat tersebut, Gundula Baveendamm, mengingat “argumen panas tentang prioritas dan kontekstualisasi.”

Kontroversi berkisar pada satu pertanyaan sentral, katanya: “Bagaimana eksodus dan pengusiran orang Jerman pada akhir dan setelah Perang Dunia II digambarkan tanpa menimbulkan keraguan sedikit pun bahwa negara ini sadar akan tanggung jawab abadinya atas kejahatan Jerman pada Perang Dunia II dan pembunuhan orang-orang Yahudi Eropa?”

Proyek ini berpusat pada jutaan orang Jerman yang melarikan diri dari pasukan Soviet yang maju atau diusir dari bagian Eropa timur dan tengah ketika perbatasan Jerman dipindahkan ke barat setelah perang, “dalam konteks sejarah” kejahatan Nazi, kata Baveendamm, direktur ketiga proyek itu.

“Tanpa kebijakan pengusiran dan pemusnahan Nazi, 14 juta orang Jerman tidak akan kehilangan rumah mereka akibat pelarian dan pengusiran,” tambahnya. “Tapi itu tidak mengubah fakta bahwa pengusiran mereka oleh Sekutu dan negara-negara Eropa timur dan tengah setelah Perang Dunia II juga merupakan ketidakadilan.”

Dalam upaya memberikan konteks, pameran ini mengeksplorasi “migrasi paksa sebagai fenomena Eropa modern”, termasuk perpindahan selama Perang Dunia I, kedatangan “manusia perahu” Vietnam di Jerman Barat pada 1970-an, dampak disintegrasi Yugoslavia pada 1990-an dan krisis migrasi Eropa beberapa tahun terakhir.

Pameran juga meliputi sekitar 30 paspor, termasuk paspor Yahudi Jerman yang dicap dengan huruf "J" di era Nazi, "paspor Nansen" untuk pengungsi tanpa kewarganegaraan dari tahun 1937 dan paspor pengungsi sementara modern. Ada buku harian seorang gadis dari Prusia Timur, wilayah yang hilang dari Jerman pada akhir perang, yang mencatat kekerasan seksual.

Ada juga sepeda yang digunakan oleh seorang pengungsi Suriah untuk melintasi perbatasan Rusia-Norwegia pada tahun 2016. Dan ada juga akun audio oleh orang-orang yang menceritakan kedatangan mereka di Jerman.

Para pengunjung diberikan penjelasan kronologis tentang kekejaman Nazi, diikuti dengan pelarian dan pengusiran tentara Jerman pada bulan-bulan terakhir perang dan sesudahnya. “Pada saat yang sama, jutaan warga Polandia, Ukraina, Hungaria atau Slovakia kehilangan rumah mereka pada saat itu,” kata kurator Jochen Krueger. “Kami juga menceritakan kisah mereka di sini.”

Gagasan untuk sebuah pusat yang memperingati pengusiran Jerman kembali ke seruan untuk “pusat melawan pengusiran” yang dibuat pada tahun 1999 oleh Erika Steinbach, yang pada saat itu adalah kepala sebuah organisasi yang mewakili kelompok tersebut dan seorang anggota parlemen dari partai konservatif-nya Merkel. Ini menimbulkan keributan di tahun-tahun berikutnya di negara-negara yang penduduknya menderita di bawah pendudukan brutal Nazi.

Steinbach, yang sangat tidak dipercaya di negara tetangga Polandia khususnya, dikeluarkan dari dewan pusat yang baru. Dalam beberapa tahun terakhir, dia telah menjadi pengkritik kanan yang keras terhadap Merkel, yang partainya dia tinggalkan pada tahun 2017. Ini khususnya keberatan dengan keputusannya untuk mengizinkan sejumlah besar migran dari Suriah dan tempat lain.

Steinbach tidak diundang ke pembukaan pada hari Senin, karena, menurut Baveendamm, itu terbatas karena pembatasan pandemi untuk orang-orang yang terlibat langsung dengan pusat tersebut. Dan Pusat baru dibuka untuk umum pada hari Rabu (23/6). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home