Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:55 WIB | Kamis, 09 Desember 2021

Biden: Putin Mengerti Pesan AS Jika Serang Ukraina

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (kanan) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. berjabat tangan saat mereka tiba di Villa La Grange di Jenewa, untuk memulai pertemuan puncak mereka pada 16 Juni 2021. (Foto: dok. AFP)

WASINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan, AS dan beberapa sekutu NATO-nya merencanakan pertemuan dengan Rusia yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan di Ukraina, di mana mereka akan mempertimbangkan kekhawatiran Presiden Rusia, Vladimir Putin, tentang aliansi tersebut.

Biden mengatakan bahwa dia berharap pada hari Jumat (10/12) untuk mengumumkan pertemuan itu, yang akan mencakup “setidaknya empat sekutu utama NATO kami. Subjeknya adalah masalah Putin dengan aliansi dan apakah dapat mencari akomodasi atau tidak yang berkaitan dengan menurunkan suhu di sepanjang front timur, kata presiden AS kepada wartawan pada hari Rabu (8/12).

Pengumuman Biden tentang rencana pertemuan itu menyusul pembicaraan konferensi video dua jam dengan Putin pada hari Selasa (7/12) yang dimaksudkan untuk mencegah invasi Rusia yang ditakuti ke Ukraina. Kremlin telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan Rusia dengan tetangganya, bersama dengan tank, artileri, dan alat berat lainnya.

Pernyataan Biden pada hari Rabu mengisyaratkan bahwa pemerintahannya ingin menenangkan ketegangan yang meningkat di perbatasan Ukraina dengan menganggap serius kekhawatiran Putin, tetapi juga siap untuk menghukum Rusia tanpa melibatkan pasukan AS jika upaya itu tidak berhasil.

Kekhawatiran Rusia Ukraina Menjadi Anggota NATO

Putin telah memperingatkan bahwa aksesi Ukraina ke Organisasi Perjanjian Atlantik Utara  (NATO) atau penyebaran persenjataan ofensif Barat di negara itu adalah “garis merah dan telah menuntut jaminan keamanan yang mengikat dari AS dan sekutunya. Setelah pembicaraan video hari Selasa, para pejabat Rusia menyoroti kesediaan AS untuk membahas proposal tersebut sebagai tanda kemajuan.

“Kami melanjutkan dari asumsi bahwa kekhawatiran kami akan didengar, setidaknya kali ini, kata Putin pada hari Rabu di Sochi. Mengisyaratkan pada pertemuan yang sama yang disebutkan oleh Biden, presiden Rusia mengatakan kedua belah pihak sepakat selama pembicaraan hari Selasa mereka untuk membentuk badan untuk memeriksa masalah secara rinci dan bahwa Rusia akan mengajukan proposal dalam waktu sepekan.

Sementara kepemimpinan Ukraina telah membuat langkah-langkah untuk mencoba membuat keanggotaan NATO menjadi mungkin, dengan menunjuk seorang menteri pertahanan sipil, misalnya, aliansi tersebut telah lama mengisyaratkan bahwa keanggotaan penuh tidak mungkin dalam waktu dekat.

Korupsi dan inefisiensi birokrasi telah mengganggu Ukraina jauh sebelum Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014. Masalah-masalah itu, bersama dengan pendudukan sebagian Rusia di negara itu, tetap menjadi perhatian NATO.

Biden mengatakan dia memperingatkan Putin selama pembicaraan telepon bahwa dia akan menghadapi “konsekuensi berat untuk menyerang Ukraina.

“Konsekuensi ekonomi yang belum pernah dia lihat atau pernah dilihat diberlakukan, kata Biden kepada wartawan hari Rabu ketika dia meninggalkan Gedung Putih untuk perjalanan ke Kansas City, Missouri. "Dia tahu. Tanggapan langsungnya adalah dia mengerti itu.”

Biden mengatakan AS juga akan “mungkin memperkuat jejak militernya di negara-negara NATO sebagai tanggapan atas invasi, terutama di Eropa timur. Dan dia mengatakan dia memberi tahu Putin bahwa AS “akan memberikan kemampuan defensif kepada Ukraina juga.

Namun dia mengatakan pasukan Amerika tidak akan berperang atas nama Ukraina. “Gagasan bahwa Amerika Serikat akan menggunakan kekuatan secara sepihak untuk menghadapi Rusia yang menginvasi Ukraina tidak ada dalam kartu saat ini, katanya.

Bersiap untuk Semua Kemungkinan

Juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah sedang “bersiap untuk semua kemungkinan. Dia menolak untuk menguraikan secara khusus tentang langkah-langkah militer, tetapi mengatakan persiapan termasuk “tanggapan kuat yang spesifik terhadap eskalasi Rusia.

Beberapa Partai Republik berpendapat untuk tanggapan yang lebih kuat terhadap ancaman invasi Rusia ke Ukraina, termasuk memasok lebih banyak persenjataan ke Kiev atau bahkan menahan kemungkinan dukungan udara Amerika untuk militer negara itu.

Intelijen AS menunjukkan Kremlin telah menyiapkan rencana serangan terhadap Ukraina yang dimulai pada awal 2022 dengan sebanyak 175.000 personel. Tetapi para pejabat Rusia telah berulang kali membantah bahwa mereka sedang mempersiapkan perang.

AS sedang mempertimbangkan paket sanksi jika terjadi invasi Rusia yang akan menargetkan bank-bank terbesar di negara itu dan kemampuannya untuk mengubah rubel menjadi dolar, euro atau pound Inggris, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Sanksi juga dapat membatasi investor untuk membeli utang Rusia di pasar sekunder, kata mereka.

“Saya benar-benar yakin bahwa dia mendapatkan pesan itu, kata Biden tentang Putin. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home