Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 07:54 WIB | Jumat, 02 Juli 2021

Bill Cosby Dibebaskan dari Penjara

Bill Cosby Dibebaskan dari Penjara
Bintang “Cosby Show”, Bill Cosby (83 tahun) memberi isyarat tana V di luar rumahnya di Elkins Park, Pennsylvania, AS, hari Rabu (30/6), setelah dibebaskan dari penjara. (Foto: AP/Matt Rourke)
Bill Cosby Dibebaskan dari Penjara
Bill Cosby, tengah, dan juru bicara Andrew Wyatt, kanan, mendekati awak media yang berkumpul di luar rumah comedian itu di Elkins Park, hari Rabu (30/6). (Foto: AP/Matt Slocum)

PHILADELPHIA, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan tertinggi Pennsylvania membatalkan dakwaan penyerangan seksual atas Bill Cosby dan membebaskannya dari penjara hari Rabu (30/6) dalam keberuntungan yang menakjubkan bagi komedian yang pernah dikenal sebagai "America's Dad."

Cosby, 83 tahun, menunjukkan tanda V, untuk kemenangan, ke sebuah helikopter di atas kepala saat ia berjalan dengan susah payah ke rumahnya di pinggiran kota Philadelphia setelah menjalani hampir tiga tahun dari hukuman tiga hingga 10 tahun, karena membius dan melanggar administrator olah raga Universitas Temple, Andrea Constand, pada tahun 2004 .

Mantan bintang "Cosby Show", selebriti pertama yang diadili dan dihukum di era #MeToo, tidak berkomentar ketika dia tiba, dan hanya tersenyum dan mengangguk pada konferensi pers di luar, di mana pengacaranya Jennifer Bonjean berkata: "Kami senang Tuan Cosby pulang.”

"Dia menjalani tiga tahun hukuman yang tidak adil dan dia melakukannya dengan bermartabat dan prinsip," tambahnya.

Dalam sebuah pernyataan, Constand dan pengacaranya menyebut putusan itu mengecewakan, dan mereka, seperti banyak advokat lainnya, mengungkapkan ketakutannya bahwa hal itu dapat membuat korban kekerasan seksual enggan untuk melapor. "Kami mendesak semua korban untuk didengar suaranya," tambah mereka.

Cosby ditangkap pada tahun 2015, ketika seorang jaksa wilayah yang dilengkapi dengan bukti yang baru dibuka, deposisi yang merusak dalam gugatan yang diajukan oleh Constand, mengajukan tuntutan terhadapnya hanya beberapa hari sebelum undang-undang pembatasan 12 tahun hampir habis.

Tetapi Mahkamah Agung Pennsylvania mengatakan pada hari Rabu bahwa Jaksa Wilayah, Kevin Steele, yang membuat keputusan untuk menangkap Cosby, berkewajiban untuk memenuhi janji pendahulunya untuk tidak menuntut Cosby, meskipun tidak ada bukti bahwa kesepakatan itu pernah dibuat secara tertulis.

Hakim David Wecht, yang menulis untuk pengadilan terpisah, mengatakan Cosby mengandalkan keputusan jaksa wilayah sebelumnya untuk tidak menuntutnya ketika komedian itu memberikan kesaksiannya yang berpotensi memberatkan dalam kasus perdata Constand.

Para hakim mengatakan bahwa membatalkan hukuman dan melarang penuntutan lebih lanjut “adalah satu-satunya solusi yang sesuai dengan harapan wajar masyarakat terhadap jaksa terpilih dan sistem peradilan pidana kita.”

Cosby segera dibebaskan dari penjara negara bagian di pinggiran Montgomery County dan dibawa pulang.

"Apa yang kita lihat hari ini adalah keadilan, keadilan untuk semua orang Amerika," kata juru bicara Cosby, Andrew Wyatt. "Bapak. Keyakinan Cosby yang dibatalkan adalah untuk dunia dan semua orang Amerika yang diperlakukan tidak adil oleh sistem peradilan dan beberapa petugas yang buruk.”

Bonjean mengatakan Cosby “sangat senang berada di rumah” dan “berharap untuk bersatu kembali dengan istri dan anak-anaknya.” Beberapa pendukung di luar berteriak, “Hei, hei, hei!” slogan dari karakter animasi Fat Albert Cosby yang membuatnya tersenyum.

Dia kemudian men-tweet foto lama dirinya dengan kepalan tangan terangkat dan mata tertutup, dengan judul: “Saya tidak pernah mengubah pendirian atau cerita saya. Saya selalu mempertahankan kepolosan saya. Terima kasih kepada semua penggemar, pendukung, dan teman saya yang berdiri di samping saya melalui cobaan ini. Terima kasih khusus kepada Mahkamah Agung Pennsylvania karena menegakkan aturan hukum.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home