Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:38 WIB | Sabtu, 19 Februari 2022

Bill Gate Bantu Pemberantasan Polio di Pakistan

Salah satu pendiri Microsoft Corp menjadi filantropis, Bill Gates, mengunjungi Pakistan dan bertemu dengan Perdana Menteri Imran Khan untuk membahas pemberantasan polio. (Foto: dok. Reuters)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Salah satu pendiri Microsoft Corp yang menjadi filantropis, Bill Gates, mengunjungi Pakistan pada hari Kamis (17/2), bertemu dengan Perdana Menteri Imran Khan untuk membahas pemberantasan polio. Pakistan adalah salah satu dari dua negara terakhir di dunia di mana virus polio itu endemik, selain Afghanistan.

"Ini adalah fase terakhir, dan tersulit, dari upaya pemberantasan, tetapi dengan menjaga momentum dan tetap waspada, Pakistan memiliki kesempatan untuk membuat sejarah dengan mengakhiri polio untuk selamanya," kata Gates dalam sebuah pernyataan. “Komitmen Pakistan untuk mengakhiri polio sangat menginspirasi.”

Yayasan Bill & Melinda Gates, di mana Gates menjadi ketua bersama, adalah bagian dari Inisiatif Pemberantasan Polio Global (GPEI), sebuah proyek besar antara pemerintah dan organisasi internasional.

Pakistan, dan negara tetangga Afghanistan, adalah salah satu dari dua negara di dunia di mana polio terus menjadi masalah kesehatan.

Pejabat kesehatan dan kemanusiaan mengatakan upaya Pakistan untuk memberantas penyakit itu masih dalam tahap yang penuh harapan tetapi sensitif.

Anak-anak telah lumpuh oleh polio liar di Pakistan selama lebih dari setahun, menurut Gates Foundation, tetapi virus terdeteksi pada bulan Desember dalam sampel saluran pembuangan di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Selama kunjungan resmi pertama Gates ke Pakistan, dia juga bertemu dengan Pusat Komando dan Operasi Nasional COVID-19 negara itu, yang memimpin respons negara itu terhadap pandemi.

Presiden Pakistan, Arif Alvi, menganugerahkan penghargaan Hilal-e-Pakistan, penghargaan sipil tertinggi kedua di negara itu, kepada Gates pada upacara penobatan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home