Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:41 WIB | Rabu, 19 November 2014

Bill Gates Sumbang Rp 69,2 Miliar untuk Atasi Ebola

Melinda dan Bill Gates. (Foto: bbc.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Bill and Melinda Gates Foundation akan menyumbangkan 5,7 juta dolar Amerika Serikat (atau sekitar Rp 69,2 miliar) untuk upaya penyembuhan pasien Ebola di Guinea dan negara terdampak lainnya.

Seperti dilansir dari situs BBC, Rabu (19/11), program ini berfokus pada pengobatan plasma dengan menggunakan darah bekas pasien Ebola yang telah dinyatakan sembuh.

Yayasan yang dikelola oleh mantan bos Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda mengatakan mereka akan bekerja sama dengan beberapa mitra swasta. Lembaga amal ini juga menyatakan sumbangan tersebut akan digunakan untuk mengevaluasi obat eksperimen.

Lebih dari 5.000 orang tewas akibat wabah Ebola—kebanyakan berasal dari negara-negara di Afrika Barat—wabah yang hingga saat ini belum ditemukan metode perawatan atau vaksin untuk bisa menyembuhkan korban.

Selama wabah Ebola melanda, rumah sakit hanya memberikan pasien cairan infus untuk menghentikan dehidrasi dan antibiotik untuk melawan infeksi. Namun ada beberapa vaksin eksperimental dan perawatan untuk Ebola yang sedang dikembangkan.

Tetapi vaksin-vaksin itu belum sepenuhnya diuji terkait keamanan atau efektivitasnya. Badan amal medis Medecins Sans Frontieres akan memulai uji klinis terhadap tiga metode perawatan di Afrika Barat pada bulan Desember.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home