Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:38 WIB | Kamis, 17 Februari 2022

BioNTech Akan Bangun Fasilitas Produksi Vaksin COVID-19 di Afrika

Dari kiri, Ugur Sahin, pendiri BioNTech, istrinya, Ozlem Tureci, salah satu pendiri dan Chief Medical Officer BioNTech, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia WHO, dan Holm Keller, Ketua Eksekutif Yayasan kENUP, berdiri bersama selama presentasi fasilitas manufaktur di Marburg, Jerman, Rabu, 16 Februari 2022. (Foto: Andreas Arnold/dpa via AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Pembuat vaksin Jerman, BioNTech, yang mengembangkan vaksin pertama yang disetujui secara luas melawan COVID-19 bersama dengan Pfizer, pada hari Rabu (16/2) mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas manufaktur di Afrika yang akan meningkatkan ketersediaan obat-obatan yang sangat dibutuhkan di benua itu.

Desain modular yang dipresentasikan pada upacara di Marburg, Jerman, terdiri dari kontainer pengiriman yang dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan untuk membuat vaksin berbasis mRNA dari perusahaan dari awal hingga akhir, kecuali langkah terakhir pengisian dosis ke dalam botol.

BioNTech telah dikritik oleh beberapa kelompok kampanye karena menolak untuk menangguhkan paten vaksinnya dan membiarkan saingannya membuat suntikan sebagai bagian dari upaya untuk membuatnya tersedia lebih luas, terutama di negara-negara miskin.

Perusahaan berpendapat bahwa proses pembuatan vaksin mRNA sulit dan lebih memilih untuk bekerja dengan mitra lokal untuk memastikan kualitas suntikan yang konsisten di seluruh dunia.

Fasilitas pertama akan dikirim ke Senegal atau Rwanda pada paruh kedua tahun ini, kata BioNTech. Ini bertujuan untuk memulai produksi hingga 50 juta dosis vaksin per tahun di sana dalam waktu 12 bulan, sambil menunggu persetujuan dari regulator lokal.

BioNTech mengatakan sistem, yang terdiri dari 12 wadah, dapat dengan mudah ditingkatkan di masa depan dan dimodifikasi untuk memproduksi vaksin terhadap penyakit lain yang terjadi secara luas di Afrika, seperti malaria atau TBC, ketika tersedia.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyambut baik rencana BioNTech untuk meningkatkan produksi vaksin di benua itu, dengan mengatakan itu akan melengkapi upaya badan global itu sendiri untuk mendorong penggunaan teknologi mRNA di Afrika Selatan dan di tempat lain.

WHO mengambil langkah yang tidak biasa tahun lalu dengan bekerja sama dengan perusahaan dan ilmuwan lokal untuk pada dasarnya mereplikasi suntikan COVID-19 berbasis mRNA yang dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat, Moderna.

BioNTech mengatakan pada awalnya akan ada staf dan mengoperasikan fasilitas, tetapi kemudian mentransfer pengetahuan kepada mitra lokal untuk memungkinkan operasi independen.

Vaksin yang dibuat di sana kemungkinan akan digunakan di negara itu dan negara-negara Uni Afrika lainnya dengan harga nirlaba, katanya.

Terlepas dari upaya untuk menyediakan jutaan dosis vaksin COVID-19 ke Afrika melalui mekanisme donor internasional, hanya sekitar 11% dari populasi di benua itu yang menerima suntikan, dibandingkan dengan rata-rata global sekitar 50%.

“Mengingat munculnya dan penyebaran varian, pandemi tidak akan berakhir sampai berakhir di mana-mana,” kata Michel Sidibe, utusan khusus Uni Afrika untuk Badan Obat-obatan Afrika. “Inisiatif ini diharapkan dapat memperluas produksi vaksin mRNA di Afrika.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home