Loading...
INSPIRASI
Penulis: Nugroho Edy Prasetyo 00:00 WIB | Rabu, 12 Februari 2014

Biopori Kehidupan

Membuat biopori. (foto: www.smkn1jenpo.sch.id)

SATU HARAPAN.COM – Biopori adalah lubang yang sengaja dibuat dengan maksud untuk menampung air hujan yang turun deras agar masuk ke dalam tanah dan tidak terbuang percuma. Di daerah perkotaan padat yang penuh hutan beton memang agak sulit membuat biopori. Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan membuat ribuan biopori sebagai salah satu cara untuk mengurangi luapan air di kala hujan yang berpotensi banjir, sekaligus sebagai media untuk menyimpan air tanah yang dapat digunakan kembali jika musim kemarau tiba. Penduduk juga sudah banyak yang membuat  biopori sendiri untuk nando air hujan ketimbang lari ke got lalu lenyap.

Biopori merupakan lubang sederhana, namun punya manfaat yang tidak sederhana karena bisa turut mengendalikan banjir dan debit air yang berlebihan. Alangkah indahnya hidup jika kita juga punya ”biopori kehidupan” yang mampu menampung emosi negatif seperti amarah, dendam, dengki, iri, dan seabrek perasaan negatif yang berpotensi ”banjir” yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pendamlah dalam-dalam semua perasaan negatif yang hanya akan membuat kita kehabisan energi—mulai dari yang remeh-temeh sampai yang serius dan menggurita dalam kehidupan kita. Ingatlah bahwa selama kita masih hidup, masalah pasti ada dan akan selalu ada.

Alangkah bijak jikalau kita mau melihat secara jernih setiap persoalan. Setelah ketemu solusinya, masukkan dalam biopori hati kita semua yang telah lewat, agar jangan jadi kenangan yang bisa menoreh luka lagi.

Dan biasanya, dengan berjalannya waktu, kenangan pahit akan terasa manis, yang manis akan semakin manis.

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home