Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:52 WIB | Minggu, 27 Februari 2022

BKSDA Riau Antisipasi Kasus Gajah Melintas di Jalan Tol

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumateranus). (Foto: BKSDA Riau)

PAKANBARU, SATUHARAPAN.COM-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau akan mengefektifkan underpass dan pagar pembatas ruas jalan tol pada jalur lintasan gajah, agar pada saat musim hujan underpass tetap dapat dilalui gajah dan gajah tidak melintas pada ruas jalan tol.

Yang terdekat akan dilakukan pembersihan pada underpass yang mengalami pendangkalan,” kata Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian ada gajah yang melintas di jalan tol.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui BBKSDA Riau bersama pihak terkait menyiapkan langkah pengamanan jalur lintas gajah di KM 69 – KM 74 Tol Pekanbaru-Dumai. Pada pekan lalu diketahui seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumateranus) liar melintas di jalan tol km 73 +250 m.

Fifin mengatakan, untuk mencegah gajah melintasi jalan tol, akan dilakukan penanaman pengkayaan pakan gajah jenis Pisang di luar pagar pengaman di sepanjang jalur lintasan gajah. Sedangkan, pada kanan kiri ruas jalan tol yang menjadi lintasan gajah, akan dilakukan penanaman tanaman yang tidak disukai gajah.

Sebagai pengamanan di area badan tol, akan dibuat marka kejut / rubber strip sebagai peringatan pada pengguna jalan agar mengurangi kecepatan pada jalur lintasan gajah. Dan akan dibahas tentang rencana pembuatan pagar besi pengaman pada kanan kiri ruas jalan tol yang menjadi jalur lintasan gajah, agar gajah tidak dapat melintas pada ruas jalan tol.

Untuk memudahkan pemantauan pergerakan gajah, PT. Hutama Karya akan mendukung mengadakan GPS Collar. “Kami juga akan melakukan optimalisasi pemantauan GPS Collar melalui Whatsapp group antara Balai Besar KSDA Riau, PT. Hutama Karya dan Rimba Satwa Fondation (RSF) guna memudahkan pemberian informasi arah pergerakan gajah,” kata Fifin.

Berdasarkan hasil pengecekan di lokasi, gajah liar yang melintas di jalan tol diketahui bernama Condet berasal dari arah SM. Giam Siak Kecil. Pantauan terakhir berdasarkan koordinat GPS Collar yang terpasang pada Gajah Condet, gajah tersebut berada di kawasan SM Balai Raja (empat kilometer dari jalan tol).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home