Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 18:24 WIB | Minggu, 23 Oktober 2016

BMKG: Enam Titik Panas di Sumatera

Massa BEM Universitas seluruh Indonesia melakukan demo dalam rangka dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di depan Istana Merdeka, Jakarta, hari Kamis (20/10). Massa mahasiswa yang berasal dari 44 universitas seluruh Indonesia ini menuntut Jokowi-JK untuk merealisasikan program yang pro kerakyatan, isu-isu yang diangkat tentang pembangunan yang tidak berpihak pada rakyat, program tax amnesty, serta penyelesaian kebakaran hutan yang dinilai belum selesai. (Foto: Antara)

PEKANBARU, SATUHARAPAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi enam titik panas (hot spot) di Sumatera.

"Terdapat enam `hot spot`, pagi ini di Sumatera. Atau jumlah titik panas yang sama dari pantauan satelit kemarin sore," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, hari Minggu (23/10).

Enam titik panas tersebut berada di Jambi enam titik dan di Riau satu titik. 

Titik panas itu terdeketksi berdasarkan hasil analisa BMKG serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dari pantauan satelit milik NASA baik Terra maupun Aqua.

Satu titik panas di Riau terpantau berada pada Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

"Tapi belum jadi titik api karena sebagian besar kabupaten/kota di Riau, dilanda kemarau basah. Atau masih berpotensi turun hujan, meski bukan musim hujan" kata Slamet.

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau tetap berpatroli udara secara rutin memantau keberadaan titik api.

"Walau setiap hari kita terima jumlah titik api dari BMKG, tetapi patroli secara rutin tetap dilakukan," ucap Wakil Komandan Satgas Penanggulangan Karhutla Provinsi Riau, Edwar Sanger.

Hingga Jumat (14/10), Satgas mencatat 3.810 hektare telah hangus terbakar dan menetapkan total 95 tersangka dari 74 perkara, dua kasus diantaranya diduga dilakukan oleh korporasi. 

Pemerintah Provinsu Riau telah tetapkan status siaga darurat kebakaran hutan enam bulan atau terhitung mulai 1 Juni hingga 30 November 2016. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home