Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Jumat, 17 September 2021

BMKG: Memasuki Musim Hujan, Waspada Banjir

Peta Hujan di Indonesia. (FotoL: BMKG)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan deras dan banjir di beberapa wilayah di Indonesia, karena telah memasuki awal musim hujan, sebagai pertanda masa peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Pada I September 2021, sebanyak 3,22% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau. Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian besar Sumatera Barat, Kalimantan Selatan bagian selatan, dan Kalimantan Timur bagian selatan.

Prakiraan musim hujan tahun 2021/2022 BMKG menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami Awal Musim Hujan 2021/2022 pada kisaran bulan Oktober dan November 2021 sebanyak 232 ZOM (Zona Musim) atau sekitar 67,8% wiloayah.

Sifat Hujan di sebagian besar daerah diprediksi Normal sebesar 71,4%, sedangkan 25,7% berada di Atas Normal, serta 2,9% diprakirakan di Bawah Normal. Puncak Musim Hujan 2021/2022 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022, sebanyak 71,3% ZOM.

Analisis BMKG pada dasarian II September 2021 wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (lebih dari 150 mm) meliputi Bengkulu bagian utara, Jambi bagian barat, Kalimantan Barat bagian timur, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Utara bagian barat, sebagian Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah bagian timur, Pulau Seram bagian tengah, Papua Barat bagian utara dan Papua bagian tengah.

Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi

Peluang hujan tinggi  (lebih dari 70%) perlu kewaspadaan terhadap dampaknya pada sepuluh hari kedepan dengan status waspada, saiag dan awas.

Wilayah dengan kategori awas adalah Papua Barat (Kaimana), Papua (Asmat, Boven Digoel, Mimika, Nduga, Pegunungan Bintang, Yahukimo).

Kategori siaga untuki Papua Barat (Kaimana), Papua (Dogiyai, Nabire, Paniai, Puncak), dan kategoti waspada untuk Kalimantan Timur (Kutai Barat), Sulawesi Barat (Mamuju, Mamuju Utara), Maluku (Maluku Tengah), Papua Barat (Manokwari, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni), Papua (Mappi, Puncak Jaya, Tolikara)

Prakiraan Daerah Potensi Banjir dalam sepuluh hari kedepan yang perlu diwaspadai adalah wilayah dengan kategori tinggi, yaitu Papua (Kab. Deiyai, Dogiyai, Mimika, Nabire, dan Paniai).

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home