Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:21 WIB | Minggu, 07 Februari 2021

BMKG Peringatkan Hujan Lebat Sepekan Ke Depan di Jawa tengah

Banjir dan genangan di Semarang akibat hujan dengan intensitas lebat-ekstrem.
Peta sebaran hujan di kota Semarang. (Foto: BMKG)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM-Hujan lebat hingga sangat lebat menyebabkan banjir dan genangan di Semarang, Jawa Tengah. Hujan yang berlangsung terus-menerus pada hari Sabtu (6/2). Analisis BMKG memperpanjang peringatan dini hujan lebat hingga sepekan ke depan untuk wilayah Jawa Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kota Semarang mencatat, peta sebaran hujan harian Kota Semarang pada hari itu terukur hujan dengan intensitas lebat-ekstrem. Stasiun Meteorologi Ahmad Yani mencatat sebesar 171 mm.

"BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim pada tanggal 6 Februari dari pukul 01:30 WIB dan di update pukul 05:20 WIB. Kota Semarang termasuk salah satu wilayah yang masuk dalam peringatan dini tersebut," kata Kepala Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno, hari Sabtu.

Curah hujan tertinggi terukur di Pos Hujan Beringin, Kecamatan Ngaliyan dengan curah hujan 183 mm, sementara curah hujan terendah di Pos Hujan Meteseh Kecamatan Tembalang yang tercatat 69 mm.

Berdasarkan Citra Satelit Himawari, awan konventif diperkirakan mulai tumbuh pada pukul 02.00 WIB dan bertambah hingga menjelang pukul 07.00 WIB, pertumbuhan awan tersebut memicu hujan yang terjadi di Kota Semarang dengan intensitas ringan sejak pukul 02 WIB dan meningkat ke intensitas sedang-lebat pada pukul 05-06 WIB dan mulai menurun hujannya dengan intensitas ringan-sedang pada pukul 07 WIB.

Sukasno menjelaskan, analisis sementara menunjukkan aktifnya Monsun Dingin Asia dan adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kondisi tersebut didukung oleh masa udara yang labil serta kelembapan udara yang tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas, sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah, khususnya sebagian besar wilayah pantura tengah-barat termasuk Kota Semarang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home