Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 14:08 WIB | Sabtu, 07 November 2015

BMKG: Sebagian Jatim Diguyur Hujan pada Akhir Pekan Ini

Ilustrasi: BMKG memprakirakan wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Barat akan mengalami hujan intensitas ringan hingga sedang sampai satu hari ke depan.(Foto: Dok. satuharapan.com)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya memprediksi sebagian wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan pada akhir pekan ini, Sabtu (7/11) dan Minggu (8/11).

"Hujan dengan kekuatan ringan akan turun di beberapa daerah di Jatim untuk Sabtu dan Minggu ini," kata prakirawan BMKG Rendy Irawadi di Surabaya, hari Sabtu (7/11).

Sejumlah daerah yang akan diguyur hujan ringan yakni Surabaya, Malang, Sumenep, Nganjuk, dan Jember dengan suhu udara maupun kecepatan angin yang berbeda-beda.

Di Surabaya, suhu udara pada akhir pekan ini sekitar 25-36 derajat celsius dengan kecepatan angin mulai 5-35 kilometer per jam, serta kelembapan 49-84 persen.

Kemudian Malang suhu udara hari ini mencapai 18-33 derajat celsius dengan kecepatan angin hingga 35 kilometer per jam, serta kelembapan 45-90 persen.

"Kalau Minggu di Malang, suhu udaranya 19-33 derajat celsius dengan kecepatan angin hingga 35 kilometer per jam, serta kelembapan 42-91 persen," kata dia.

Kemudian di Sumenep suhu udaranya hari ini mencapai 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin hingga 35 kilometer per jam, dan kelembapan 55-86 persen.

"Tidak ada yang berbeda untuk hari Minggu besok di Sumenep, kecuali kelembapan, yakni 65-82 persen," katanya.

Sedangkan, untuk Nganjuk dan Jember, kata dia, pada hari ini diperkirakan belum turun hujan, dan cuacanya cerah berawan dengan masing-masing suhu udaranya 22-33 derajat celsius dan 22-32 derajat celsius.

"Pada Minggu, di kedua daerah itu diperkirakan turun hujan ringan dengan suhu udara 21-33 derajat celsius dan 22-33 derajat celsius, kecepatan angin 30 dan 35 kilometer per jam, serta kelembapan 61-81 persen dan 50-84 persen," katanya.

Sementara itu, untuk sejumlah daerah lain seperti Pasuruan, Madiun, Pacitan, Banyuwangi, Bawean, dan Blitar cuacanya untuk dua hari ke depan cerah berawan.

"Suhu udaranya antardaerah berbeda-beda, antara 19-33 derajat celsius, dan kecepatan angin antara 30 dan 35 kilometer per jam," katanya.(Ant)                                                                                                                


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home