Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:45 WIB | Kamis, 12 November 2020

BNPB: 1.294 Warga di Lereng Merapi Dievakuasi

Kondisi di salah satu tempat pengungsian bagi warga kelompok rentan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Foto: BNPB Magelang)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat lebih dari 1.000 warga telah dievakuasi ke empat kabupaten, setelah Gunung Merapi di Yogyakarta terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam pernyataan, hari Rabu (11/11), mengatakan total 1.294 warga telah dievakuasi ke empat kabupaten yakni Boyolali, Magelang, Klaten dan Sleman.

“Mereka yang dievakuasi sebagian besar merupakan kelompok rentan, seperti lanjut usia, anak-anak, balita, ibu hamil, disabilitas dan ibu menyusui,” kata Raditya.

Sebagian besar warga yang dievakuasi berada di Kabupaten Magelang (835 orang). Sedangkan di Sleman 203 warga, Boyolali 133 warga, dan Klaten 123 warga.

Dikatakan, para sukarelawan di lokasi evakuasi membantu untuk menyediakan kebutuhan pokok seperti sayuran, memasakdi dapur umum atau pun di mobil dapur lapangan. Pos pendukung di tempat penampungan juga selalu siap untuk memberikan pelayanan seperti pos kesehatan yang siaga 24 jam.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home