Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:19 WIB | Minggu, 26 September 2021

BNPB dan Satgas Gerakkan 123 Relawan di PON Papua

Para relawan mendapatkan pembekalan pada hari Jumat (24/9) di Jayapura, Papua. (Foto: Satgas)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM-Protokol kesehatan (prokes) merupakan langkah penting mencegah lonjakan kasus COVID-19 selama penyelenggaraan PON XX pada 2 – 15 Oktober 2021 di Papua. 

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional menyiapkan sejumlah relawan prokes jelang kompetisi 37 cabang olahraga tersebut. 

Sebanyak 123 relawan dari berbagai lembaga mendapatkan peningkatan kapasitas dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Mereka akan bertugas di wilayah Kota Jayapura, sedangkan untuk wilayah lain, seperti Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, lebih banyak relawan akan dilibatkan.  

BNPB dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional melaksanakan kegiatan tersebut pada hari Jumat (24/9) di Kota Jayapura, Papua. 

Pada acara pembukaan, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, mengharapkan keterlibatan pentaheliks, khususnya relawan, dalam mendukung penguatan disiplin protokol kesehatan dalam pesta olahraga nasional ini.

Prasinta menyampaikan bahwa tugas para relawan mencakup tiga hal: membagi masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON. 

Kedua, sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat guna mengurangi penyebaran virus COVID-19 selama penyelenggaraan PON. Dan ketiga, bertugas di enam gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON dan juga titik-titik yang berpotensi menimbulkan  kerumunan.

Sebanyak 123 relawan berasal dari organisasi, antara lain Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama, Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, relawan BPBD Kota Jayapura, Resimen Mahasiswa Universitas Cenderawasih dan Squad PBI.

PON XX Papua akan diikuti 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang. Tempat utama penyelenggaraan akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas 40.000 penonton.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home