Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:00 WIB | Senin, 26 Juli 2021

BPK PENABUR Gelar Lagi Turnamen Catur Pelajar 2021

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2021. (Foto: Dok.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - BPK PENABUR bekerja sama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) kembali menyelenggarakan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2021. 

Sebagai salah satu cabang olahraga yang tetap dapat dimainkan pada masa pandemi, catur menjadi kian diminati banyak orang. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu, kegiatan ini juga dapat menghasilkan prestasi. 

Ketua Panitia Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2021, Ir Budijanto Gunawan, MM mengatakan kegiatan ini bertujuan utama menyosialisasikan catur ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, sekaligus melakukan talent scouting, menjaring bibit unggul bahkan sampai ke seluruh pelosok dan penjuru tanah air.

"Serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan entertain ini akan berpuncak pada “Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 – BPK PENABUR Cup”, yang akan diikuti oleh seluruh pelajar se-Indonesia," kata Budijanto dalam keterangan resmi yang diterima satuharapan.com, hari Senin (26/7). 

Pertandingan yang diselenggarakan secara online ini, kata Budjianto dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu, babak kualifikasi akan digelar pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2021. Kemudian dilanjutkan babak finalnya pada tanggal 22 Agustus 2021 dengan menggunakan Protocol Fide yaitu ketentuan Fide untuk penyelenggaraan turnamen catur online. 

Adapun pembagian kategori yang dipertandingkan yaitu Pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP, serta kelas 10-12 SMA, dengan setiap kelompok tersebut ada nomor khusus untuk putri. 

“Kami berharap turnamen terbuka online ini bisa diikuti oleh ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Sudah saatnya mengembangkan potensi siswa melalui catur,” ujar kata Budi sapaan akrabnya.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengatakan turnamen yang melibatkan anak-anak sekolah dari tingkat dasar hingga menengah ini menjadi angin segar, karena dapat menyebarluaskan catur ke seluruh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. 

"Permainan catur yang sarat dengan pembentukan pola pikir serta mengasah mental itu pun dapat menjadi sarana membangun karakter bangsa," kata Utut Adianto. 

Hal senada diungkapkan oleh Dewan Pembina Percasi, Ir Eka Putra Wirya, menegaskan bahwa tujuan mempertandingkan total delapan kelompok pelajar SD-SMA Putra/Putri ini, merupakan kesempatan untuk mencari bibit unggul dari lingkungan sekolah. 

Sebagai penggagas event ini, Eka menjelaskan bahwa turnamen ini pun sebagai sarana bagi siswa untuk menggembleng diri, menggali dan mengembangkan bakat, serta memfasilitasi mereka meraih apresiasi.

"Tentunya semua ini menjadi hal penting untuk membentuk ketangguhan mental mereka," kata Eka.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi menjelaskan bahwa event ini juga sejalan dengan tema HUT ke 71 BPK PENABUR "Berbagi dan Berdampak Bagi Sesama," maka melalui catur diharapkan tumbuh bibit-bibit baru yang kelak dapat membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik.

"Kesemuanya itu akan mewujudkan generasi bangsa yang mampu membuat Indonesia lebih maju," kata Adri. 

Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, olahraga ini terbukti memberikan banyak manfaat bagi (khususnya) anak-anak. Menurut Federasi Catur Internasional (FIDE), catur memberikan manfaat untuk pendidikan dan kesehatan. 

Catur dinilai dapat memberikan dampak positif bagi siswa, tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan intelektualnya, namun juga dapat memperkuat karakter mereka dikemudian hari. 

Rangkaian Acara

Lebih lanjut Budi menjelaskan, sebelum menuju ke turnamen, ada serangkaian kegiatan yang dimulai dengan acara coaching clinic  pada tanggal 7 Agustus 2021 untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Kemudian  “Talkshow” yang digelar tanggal 14 Agustus 2021 mengangkat tema “Peran Catur dalam Membangun & Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa” menampilkan para narasumber yang berkompeten di antaranya GM Utut Adianto dan Gus Imam Pituduh. 

Sementara untuk pendaftaran turnamen catur pelajar terbuka nasional ini masih terus dibuka hingga tanggal 7 Agustus 2021. Caranya sangat mudah, yaitu cukup mendaftar pada link yang telah disediakan yaitu www.scua.id. Dan, setelah mengisi semua data sesuai dengan syarat yang ditentukan, mereka langsung terdaftar sebagai peserta.  


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home