Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 22:38 WIB | Kamis, 16 Juni 2022

BPK PENABUR Jakarta Luncurkan Program Peningkatan Mobilitas Peserta Didik Studi di Luar Negeri

Pertama kalinya pelajar Indonesia dapat menyelesaikan kualifikasi setara dengan International Foundation Year di Indonesia.
BPK PENABUR Jakarta Luncurkan Program Peningkatan Mobilitas Peserta Didik Studi di Luar Negeri
Perwakilan BPK PENABUR Jakarta, NCUK, dan utusan Perdana Menteri Inggris dalam Education Fair di SPK BPK PENABUR Kelapa Gading dengan Tema “Soar with Pride”
BPK PENABUR Jakarta Luncurkan Program Peningkatan Mobilitas Peserta Didik Studi di Luar Negeri
Richard Graham MP, utusan Perdagangan Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Komunitas Ekonomi ASEAN, Malaysia dan Filipina
BPK PENABUR Jakarta Luncurkan Program Peningkatan Mobilitas Peserta Didik Studi di Luar Negeri
Kika_Richard Graham, Suzanne Bartlett, Glenn Adhi Ekaputra

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Pada umumnya, jika telah menyelesaikan The International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), dan tidak mengikuti ujian setara A-level atau International Baccalaureate maka Pelajar Indonesia baru dapat mengikuti Foundation Year di universitas di luar negeri. Dan hal ini tentunya memberatkan dari segi biaya dan cukup membuang waktu.

Namun untuk pertama kalinya, pelajar Indonesia dapat menyelesaikan kualifikasi yang setara dengan International Foundation Year di Indonesia dan hal ini merupakan program yang diprakarsai oleh BPK PENABUR Jakarta.

Philip Myers, Head of School SPK BPK PENABUR Jakarta dan Suzanne Bartlett, NCUK University Partnerships and Placement Director menjelaskan program NCUK secara menyeluruh dalam kegiatan Education Fair di SPK BPK PENABUR Kelapa Gading dengan tema “Soar with Pride”.

Kerjasama antara BPK PENABUR Jakarta dan NCUK dengan lebih dari 40 universitas di seluruh dunia akan memberikan kesempatan yang sangat baik untuk peserta didik diIndonesia, Jelas Philip.

“Saya percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seseorang yang hebat dan bermanfaat bagi dunia apabila berusaha dan bekerja dengan baik. Saya pernah diberi tahu bahwa apabila seseorang membantu orang lain maka dunia ini akan menjadi lebih baik. Pendidikan adalah kunci tercapainya hal tersebut,” tambah Philip Myers.

Kesempatan yang datang sekali seumur hidup ini hanya bisa didapatkan dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Artinya, harus selalu membuka mata, telinga, dan hati untuk merespon. Dan hari ini adalah hari yang penuh dengan kesempatan itu,Ujar Philip Myers seperti yang dikutip oleh satuharapan.com dalam tayangan youtube PENABUR Internasional.

Sementara, Stuart Smith, Chief Executive, NCUK menjelaskan bahwa kerjasama dengan SPK BPK PENABUR Jakarta ini memberikan kesempatan bagi peserta didik di seluruh Indonesia dan sekitarnya untuk menempuh pendidikan kelas dunia dengan cakupan pilihan yang progresif.

“Kami sangat berharap dapat menyambut peserta didik yang bersemangat dan bertalenta dari seluruh Indonesia ke dalam program NCUK dan nantinya menuju universitas rekanan di seluruh dunia,” Ujar Stuart Smith.

Richard Graham MP, Utusan Perdagangan Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Komunitas Ekonomi ASEAN, Malaysia dan Filipina yang hadir dalam acara ini mengatakan, bahwa Inggris mendorong kerja sama yang lebih erat dengan institusi pendidikan di Indonesia.

“Saya senang dapat menyaksikan peluncuran kerja sama antara SPK BPK PENABUR Jakarta dengan NCUK yang membuka lebih banyak peluang bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di Inggris. Selamat!” Ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh orang tua dan peserta didik dari SPK BPK PENABUR dimana dalam acara ini ada  4 perwakilan universitas NCUK, yaitu Queen’s University Belfast, Leeds Beckett University, the University of Huddersfield, dan the University of Western Australia yang mempresentasikan materinya kepada orang tua.

NCUK

NCUK merupakan konsorsium universitas terkemuka atau program prakuliah yang didirikan beberapa universitas ternama di United Kingdom (UK) pada tahun 1987. NCUK berkolaborasi dengan 45 universitas di dunia dan memiliki pusat di 20 negara.

Program NCUK

Peserta didik setelah selesai menempuh studi di kelas 11 dengan nilai rata-rata 70 untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Selain itu, berusia minimal 17 tahun sebelum 31 Desember pada tahun pendaftaran, menyelesaikan International General Certificate of Secondary Education (IGSCE) dan/atau meraih skor IELTS 5.0 dapat bergabung dengan NCUK. Peserta didik akan mengikuti program NCUK selama 9-11 bulan sebelum melanjutkan studi ke universitas.

(Sumber: Humas BPK PENABUR Jakarta)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home