Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:58 WIB | Kamis, 06 September 2018

BPPT Rekomendasikan Energi Surya sebagai Sumber Daya Kelistrikan

Ilustrasi. Panel listrik tenaga surya. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pembangunan energi di Indonesia dihadapkan pada masalah pokok berupa kesenjangan antara potensi sumber energi (energi primer) dan konsumsi berbagai jenis energi.

Sebagai contoh, rasio antara tingkat produksi dan potensi cadangan minyak bumi sangat besar, sedangkan rasio panas bumi pemanfaatannya lebih lama, karena sifatnya sebagai energi terbarukan. Tingginya pemanfaatan energi final per jenis energi masih belum proporsional.

BPPT melalui Pusat Pengkajian Industri Manufaktur, Telematika dan Elektronika (PPIMTE), mengadakan Focus Group Discussion (FGD), bertemakan “Penyusunan Roadmap Industri Manufaktur Komponen dan Usulan Kebijakan untuk Meningkatkan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Industri Pembangkit Surya” sebagai salah satu bentuk tugas pokok dan fungsi pengkajian kebijakan industri manufaktur.

Deputi Bidang Teknologi Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT Gatot Dwianto, mengatakan Indonesia sebagai negara yang beriklim tropis, perlu memanfaatkan energi surya yang saat ini tengah dikembangkan oleh berbagai pihak. Pemerintah Indonesia, melalui berbagai kebijakan telah mendorong tumbuhnya manufaktur komponen pembangkit tenaga surya di dalam negeri.

“Contohnya adalah penerapan TKDN bagi procurement perangkat tenaga surya, yang dilaksanakan instansi pemerintah dan BUMN, untuk mendorong tumbuhnya industri komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dalam negeri,” katanya  saat memberikan sambutan pada acara FGD tersebut yang digelar di Jakarta, Rabu, (5/9) yang dilansir situs resmi bppt.go.id.

Lebih lanjut dikatakan, pemanfaatan energi surya dengan menggunakan teknologi solar photovoltaic (PV) atau sel surya, menjadi salah satu sumber sumber energi pilihan.

“Teknologi PV atau solar photovoltaic ini, diharapkan mampu menjadi pilihan untuk menggantikan sumber energi primer untuk dikonversi menjadi tenaga listrik,” katanya.

Kejar TKDN

Pemanfaatan energi oleh konsumen rumah tangga, industri, dan transportasi terbilang jauh dari kata efisien. Hal ini tercermin dari perilaku pemilihan jenis energi untuk berbagai sektor yang belum efektif, dan konsumsi energi yang lebih konsumtif serta rendahnya tingkat efisiensi peralatan.

Diutarakan Direktur Pusat Pengkajian Industri Manufaktur Telematika dan Elektronika (PPIMTE) BPPT, Andhika Prastawa, prediksi German Federal Government, terkait sumber energi primer dunia hingga tahun 2100, menunjukkan mulai tahun 2030 sumber energi primer yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dunia (minyak, batubara dan gas bumi), mengalami penurunan drastis, dan akan digantikan dengan sumber energi terbarukan terutama energi surya.

FGD itu, diharapkan menjadi ajang untuk bertukar gagasan, terkait penyusunan roadmap dan kebijakan pengembangan industri manufaktur pembangkit dan komponen PLTS.

“Roadmap tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan menyusun kebijakan pengembangan industri manufaktur komponen PLTS di Indonesia. Selain menjadi  alternatif sumber energi ramah lingkungan, dan menggantikan sumber energi primer untuk dikonversi menjadi tenaga listrik,” katanya.

Untuk potensi dan permasalahan pengembangan industri sel surya, inverter dan baterai di Indonesia, diharapkan FGD ini dapat menghasilkan masukan substansi teknis dan nonteknis dari narasumber dan pemangku kepentingan, serta tercipta kesepakatan dalam konsep roadmap dan kebijakan pengembangan industri manufaktur pembangkit dan komponen PLTS.

“Dengan itu, optimalisasi pemanfaatan tenaga surya dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan listrik di masa mendatang, di lain pihak manufaktur perangkat pembangkit tenaga surya dapat menciptakan lapangan kerja baru serta efek ganda terhadap perekonomian,” katanya.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home