Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:48 WIB | Senin, 16 Desember 2019

Brasil Akan Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

Anggota parlemen Brazil Eduardo Bolsonaro (kiri) berbisik-bisik dengan Menteri Luar Negeri Brazil Ernesto Araujo ketika mereka menghadiri International Seminar of Brazilian Foreign Policy di Brasilia, Brazil, 21/11/2019. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Minggu (15/12), mengatakan dirinya diberi jaminan oleh putra presiden Brasil bahwa Brasil akan menyusul Amerika Serikat dan memindahkan kedutaan besar mereka ke Yerusalem tahun depan.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sudah memberikan tanda-tanda akan memindahkan kedutaan besar Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, tetapi sejumlah pejabat senior mundur sebab khawatir langkah itu akan merusak kemitraan perdagangan dengan negara-negara Arab.

Namun, Brasil tetap membuka misi perdagangan ke Israel di Yerusalem tahun ini.

Putra Bolsonaro yang juga anggota parlemen, Eduardo Bolsonaro, mengatakan kepada misi perdagangan baru itu bahwa sebelum melakukan perjalanan, sang ayah, "memberi tahu dia bahwa sebagai sebuah komitmen ia akan memindahkan kedutaan besar ke Yerusalem."

Eduardo tidak menyebutkan tanggal pasti pemindahan.

Netanyahu kemudian mengeluarkan pernyataan bahwa ia telah bertemu dengan Eduardo Bolsonaro, yang mengatakan kepadanya bahwa mereka "berkomitmen untuk memindahkan kedutaan besar Brasil ke Yerusalem pada 2020."

Presiden AS Donald Trump merusak kesepakatan dunia dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada akhir 2017 dan memindahkan kedutaan besar AS di wilayah itu pada Mei.

Mayoritas negara besar dunia menyebutkan status kota tersebut harusnya diputuskan sebagai bagian dari proses perdamaian dengan rakyat Palestina. (Reuters)​

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home