Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:54 WIB | Jumat, 30 April 2021

Brasil: Korban COVID-19 Mencapai 400.000

Pemandangan udara menunjukkanpenggali kubur yang mengenakan pakaian pelindung saat mereka menggali di kuburan semen saat pemakaman baru ditangguhkan, kecuali makam pribadi dan anak-anak, di pemakaman Vila Nova Cachoeirinha di tengah wabah penyakit virus Corona (COVID-19) di Sao Paulo, Brasil, pada 1 April 2021. (Foto: dok. Reuters)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM-Brasil pada hari Kamis (28/4) menjadi negara kedua yang melampaui 400.000 jumlah kematian akibat COVID-19 setelah Amerika Serikat. Dan para ahli memperingatkan jumlah korban harian dapat tetap tinggi selama beberapa bulan, karena vaksinasi yang lambat dan Brasil melonggarkan batasan sosial.

Brasil pada Kamis mencatat 3.001 kematian baru karena COVID-19, menjadikan totalnya sejak pandemi mulai menjadi 401.186 kematian, kata Kementerian Kesehatan. Lonjakan infeksi virus corona yang tak terkendali tahun ini telah mendorong rumah sakit di seluruh negeri ke ambang kapasitas mereka dan menyebabkan 100.000 kematian hanya dalam waktu sebulan.

Kematian akibat COVID-19 Brasil sedikit turun dari puncaknya yang mencapai lebih dari 4.000 dalam satu hari di awal April, mendorong banyak pemerintah daerah untuk melonggarkan penguncian.

Tetapi para ahli penyakit menular memperingatkan bahwa pelonggaran ini akan membuat kematian meningkat selama berbulan-bulan karena vaksin saja tidak dapat diandalkan untuk menahan virus. Dua ahli mengatakan mereka memperkirakan kematian terus berlanjut hingga rata-rata di atas 2.000 per hari.

"Brasil akan mengulangi kesalahan yang sama seperti tahun lalu," kata ahli epidemiologi Pedro Hallal, yang memimpin studi nasional tentang COVID-19. "Apa yang akan dilakukan Brasil sekarang? Kembali ke pelonggaran pembatasan dan itu akan menstabilkan kita pada 2.000 kematian per hari, seolah 2.000 kematian akibat satu penyakit dalam satu hari adalah normal," katanya.

Kesalahan Pemerintah

India baru-baru ini melampaui Brasil dalam rata-rata kematian harian, meskipun Brasil memiliki jumlah kumulatif yang lebih tinggi meskipun memiliki populasi seperenam ukuran India. Lonjakan infeksi didorong oleh varian virus corona P.1 yang ditemukan di Brasil yang diyakini 2,5 kali lebih menular dari versi aslinya.

Peluncuran vaksin, dengan hanya sekitar 13% orang yang menerima satu suntikan hingga saat ini, belum cukup untuk menahan penyebaran tanpa batasan sosial, kata Diego Xavier, seorang peneliti di lembaga kesehatan pemerintah Fiocruz.

Dia juga memperkirakan lebih dari 2.000 kematian per hari akan menjadi normal tanpa percepatan besar dalam vaksinasi, seperti yang terlihat di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Para ahli menyalahkan jumlah korban tewas pada kegagalan pemerintah, dari Presiden Jair Bolsonaro hingga banyak gubernur dan walikota, dalam melancarkan tanggapan yang cukup kuat terhadap pandemi.

"Kami telah mencapai angka 400.000 kematian ini terutama karena ketidakmampuan manajerial pemerintah ini, yang dipimpin oleh presiden," kata Jamal Suleiman, seorang dokter di Institut Infeksi Emilio Ribas.

Meremehkan COVID-19

Bolsonaro telah meremehkan tingkat keparahan virus sejak awal, menentang tindakan penguncian yang ketat, gagal mendukung penggunaan masker dan baru-baru ini menggunakan vaksin.

Kampanye vaksinasi telah goyah dan Kementerian Kesehatan selama akhir pekan mengatakan bahwa 30% lebih sedikit vaksin yang diterima dari yang diharapkan pada Januari hingga April.

Banyak kota telah kehabisan vaksin dan tidak dapat memberikan suntikan kedua seperti yang direncanakan, sementara yang lain melihat antrean panjang, karena banyak orang khawatir persediaan tidak akan bertahan.

Bolsonaro menegaskan negara itu harus kembali ke bisnis seperti biasa, dengan alasan bahwa kesulitan ekonomi bagi warga Brasil sama buruknya dengan pandemi itu sendiri.

Senat pekan ini meluncurkan komite khusus yang menyelidiki kemungkinan kesalahan dalam respons pandemi pemerintah, berjanji untuk memanggil pejabat tinggi dan mantan pejabat tinggi di pemerintahan Bolsonaro untuk bersaksi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home