Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:45 WIB | Jumat, 01 Juli 2016

Brexit Tidak Pengaruhi Negosiasi AS dan UE

Ilustrasi. Perdana Menteri Inggri David Cameron (kiri) berbicara kepada awak media ditemani istrinya Samantha di Kantor Perdana Menteri (10 Downing Street), London, 24 Juni 2016. Inggris memilih untuk keluar dari Uni Eropa, memicu isu dan kepanikan mengenai blok tersebut di bursa saham dunia pada Jumat. Adrian Dennis/AFP

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa (UE) tidak akan memengaruhi negosiasi kesepakatan perdagangan UE-Amerika Serikat (AS) yang bertujuan menciptakan kawasan perdagangan bebas dan investasi terbesar di dunia, kata pejabat tinggi perdagangan blok tersebut pada Kamis (30/6).

“Kami bertekad melanjutkan negosiasi ini. Negosiasi itu penting bagi Eropa, ekonomi kami, lapangan pekerjaan kami, para pengusaha kami, konsumen kami dan masuk akal untuk melanjutkannya bahkan dengan 27 (negara anggota),” kata komisi perdagangan UE Cecilia Malmstroem kepada radio France Info.

“Eropa adalah pasar terbesar di dunia. Ini akan terus begitu, bahkan tanpa Inggris,” ucap Malmstroem, yang baru pulang setelah melangsungkan pembicaraan perdagangan dengan AS.

“AS bertekad melanjutkan negosiasi dengan kami,” katanya, menambahkan bahwa para pemimpin UE sepakat dalam sebuah konferensi tingkat tinggi di Brussel pekan ini bahwa “perundingan harus terus berlanjut.”

Malmstroem mengatakan keputusan Inggris pekan lalu untuk keluar dari UE “tidak mengubah apa pun” dalam proses itu, dengan baik AS maupun UE bekerja “dengan sangat intensif” untuk berusaha mencapai kesepakatan terkait Transatlantic Trade and Investment Partnership (TTIP) sebelum masa jabatan Presiden Barack Obama berakhir pada Januari. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home