Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 09:26 WIB | Rabu, 31 Agustus 2016

Brunei Buka Kerja Sama Pertanian dengan Indonesia

Menteri Pertanian Brunei Dato Paduka Awang Haji Ali bin Haji Apong didampingi Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Komaruddin. (Foto: Puspen TNI)

BRUNEI DARUSSALAM, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pertanian Brunei, Dato Paduka Awang Haji Ali bin Haji Apong. didampingi Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Komaruddin, mewakili Panglima TNI, menghadiri acara “Panen Padi Unggul Varietas Sembada B-9” di Kawasan Pertanian, Distrik Wasan, Brunei Darussalam, hari Selasa (30/8).

Mentan Brunei, resminya Menteri Sumber-Sumber Utama dan Pelancongan, mengemukakan bahwa negaranya terbuka bagi kerja sama pertanian dengan negara mana pun termasuk Indonesia, asalkan bisa menghasilkan padi produktivitas tinggi.

“Ada sekitar 500-700 ha sawah yang bisa digunakan untuk menanam bibit padi, namun dengan syarat satu hektare bisa menghasilkan padi minimal 8 ton. Infrastruktur kami sudah siap sehingga tidak ada alasan untuk tidak menghasilkan padi produktivitas tinggi,” kata Mentan Brunei.

Dato Paduka Awang Haji Ali juga menyadari, tingkat kesuburan tanah pertanian di Brunei, tidak sama dengan di Indonesia. “Namun saya yakin bahwa target 12 ton padi/ha bisa dicapai,” kata dia.

Sementara itu, Aster Kasad Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, menyampaikan keterlibatan TNI dalam Panen Perdana Padi, karena Pemerintah Brunei sangat mengapresiasi bibit padi hibrida Sembada B-9 berasal dari Indonesia, di samping itu hubungan antara kedua negara Indonesia dan Brunei Darussalam sangat bagus.

“Di Indonesia, TNI sudah bekerja sama dengan 21 kementerian, dan sangat intens dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, dan ini sudah tiga tahun bekerja sama dengan Angkatan Darat yang sangat positif,” kata dia.

Turut hadir dalam acara panen padi tersebut, antara lain Duta Besar Indonesia untuk Brunei Nurul Qomar, Direktur Utama PT. Biogene Plantation Bambang Purwadi Priono, Athan RI untuk Brunei Kolonel Czi Widiyanto, dan Wakil Dirut PT Biogene Nasikin. (PR)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home