Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 10:32 WIB | Jumat, 04 Desember 2015

Buddha, Muslim, Kristen Serukan Keadilan Finansial

Ilustrasi. (Foto: rmmagazine.com)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Bagaimana dan dengan cara apa uang dan keuangan membentuk ekonomi dunia dan masyarakat? Apa sebaiknya peran finansial dan apa yang bisa kita lakukan bersama-sama sebagai komunitas iman untuk membuat arsitektur keuangan internasional yang lebih adil dan penuh kasih?

Pertanyaan-pertanyaan ini adalah subjek workshop, “Iman dan Keuangan”, yang diselenggarakan oleh Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) di Bangkok, Thailand 28-29 November. Peserta dari komunitas lintas iman dari Buddha, Kristen, dan Muslim. Lokakarya ini berusaha untuk mengidentifikasi kesamaan serta menumbuhkan kepercayaan dan kerja sama untuk mengembangkan inisiatif lintas agama untuk memperbaiki sistem finansial yang rusak.

   Baca juga:

“Komunitas agama dapat menjadi kompas moral dan katalisator perubahan dalam perekonomian dunia dan ekonomi lokal,” kata Athena Peralta, konsultan WCC untuk keadilan ekonomi dan ekologi. “Erat memeriksa sistem finansial—dan bagaimana nilai-nilai kita memengaruhi sistem itu—merupakan aspek penting dari ziarah kita keadilan dan perdamaian.”

Berkaca dari perspektif berbasis agama, peserta menyatakan keprihatinan yang mendalam atas bagaimana struktur keuangan saat ini, didorong oleh dinamika pertumbuhan tak terbatas, membuat wajar keserakahan melalui instrumen seperti riba, utang, dan spekulasi.

Keserakahan ini mempromosikan “narasi delusi dari diri sebagai entitas yang terisolasi yang berhak terobsesi dengan kepentingan individu,” para peserta menyerukan Panggilan Antaragama untuk Keadilan dan Belas Kasih dalam Bidang Keuangan yang dihasilkan oleh pertemuan tersebut.

Oleh karena itu, mengubah arsitektur keuangan internasional “membutuhkan narasi tandingan berdasarkan keterkaitan dan etika timbal balik” yang “membantu kita untuk menemukan kembali bahwa sumber kesejahteraan kita terletak pada keberadaan bersama dalam kehidupan kita.”

Panggilan itu selanjutnya menyatakan, “Nilai-nilai spiritual ditemukan dalam tradisi iman kita seperti kalyana mitra (persahabatan yang baik), koinonia (persekutuan), ubuntu (‘saya ada karena kita’) dan umat  membantah monokultur saat ini—saya ada dari hal yang saya miliki.”

Menyoroti inisiatif akar rumput seperti jaringan keuangan sosial dan masyarakat, peserta mengamati bahwa uang dan keuangan dapat berkontribusi untuk membangun masyarakat meneguhkan hidup dan ekonomi jika kekayaan dan keuntungan didistribusikan secara adil. Jika risiko dan kewajiban dibagikan dan jika surplus yang diinvestasikan kembali untuk masyarakat. Panggilan antaragama menunjukkan bahwa penggunaan dan tata kelola uang harus memupuk solidaritas: “Uang sini menjadi sarana kohesi sosial daripada keterasingan.”

Sebagai tindak lanjut lokakarya, peserta berkomitmen untuk bekerja bersama menuju untuk merencanakan dan mengadakan konsultasi antaragama berfokus pada alternatif untuk arsitektur keuangan internasional. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home