Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 11:10 WIB | Sabtu, 19 Oktober 2013

Buku: Penderita Cerebral Palsy Dapat Normal Kembali

Tegak di Atas Kaki karya Sinto Rustini. (Foto: Bayu Probo)

SATUHARAPAN.COM – Penderita cerebral palsy masih punya harapan. Terutama jika dilakukan terapi sejak dini. Optimisme ini yang disampaikan Sinto Rustini, penulis Tegak di Atas Kaki: Memoar Fisioterapis Pacitan Mengantar Anak Cerebral Palsy Merajut Mimpi.

Namun, keyakinan ini harus dibarengi kerja sama dengan orangtua. Salah satunya adalah penerimaan dari keluarga atas kondisi sang anak. Selain itu, makin awal terapi dilakukan, tingkat keberhasilan makin tinggi.

Hal lain yang tidak kalah penting diperhatikan orangtua yang anaknya menderita CP adalah kesabaran dan kedisiplinan saat menemani sang anak dalam menjalani terapi. Sebab, banyak orangtua yang membawa anaknya ke terapis menginginkan hasil yang cepat. Menurut Sinto, mereka belum paham bahwa itu tercapai jika anak sudah melalui beberapa tahap latihan.

Buku karya Sinto ini ditulis dengan metode penceritaan gaya memoar dengan sudut pandang orang pertama. Akibatnya, pembaca tidak perlu khawatir bakal menghadapi berbagai istilah medis yang berbelit. Dalam buku ini, pembaca selain diajak untuk memahami cara melatih penderita CP, juga mengikuti kisah perjalanan Sinto dalam menghayati profesinya sebagai seorang fisioterapis.

Selain, tentang CP dan kisah Sinto, terdapat juga kisah-kisah perjuangan para penderita. Juga kisah orangtua yang mendampingi penderita untuk meraih lagi kehidupan mandiri mereka.

Sinto Rustini adalah fisioterapis yang mendalami ilmu tentang cerebral palsy (CP) sejak 1983. Lulusan Akademi Fisioterapi Solo ini memiliki rasa ingin ini memiliki rasa ingin tahu yang besar serta mimpi untuk membuat anak-anak penyandang CP dapat berjalan. Hal itu mendorongnya untuk mempelajari ilmu tentang CP hingga ke berbagai negara.

Judul: Tegak di Atas Kaki: Memoar Fisioterapis Pacitan Mengantar Anak Cerebral Palsy Merajut Mimpi.
Penulis: Sinto Rustini
Tebal: 168 hlm.
Penerbit: Libri

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home