Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:58 WIB | Sabtu, 02 April 2016

Bulan ini Warga Bali Dapat Nikmati Gas Bumi

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Puja. (Foto: esdm.go.id)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Puja  mengatakan pembangkit listrik, industri pariwisata, dan masyarakat Bali segera dapat menikmati bahan bakar bersih dan ramah lingkungan berupa gas bumi.

Menurut dia, penantian panjang Provinsi Bali - terutama pembangkit listrik - untuk dapat menikmati gas bumi baru terealiasi setelah ditandatanganinya dua Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara PT Pertamina (Persero) dengan PT PLN (Persero), di PLDG Pesanggaran, Denpasar, Bali, hari Jumat (1/4).

IGN Wiratmaja Puja menjelaskan, LNG dikirimkan dari Bontang dan Sengkang ke Pelabuhan Benoa kemudian di regasification untuk menjadi gas yang selanjutnya didistribusikan melalui pipa ke pembeli.

“Penyaluran gas ke Bali ini merupakan yang pertama, salama ini industri pariwisata, pembangkit di Bali menggunakan bahan bakar minyak (BBM), ada PLDG baik di Pesanggaran dan Gilimanuk tapi tidak ada gasnya,” kata Wiratmaja sebagaimana dikutip esdm.go.id.

Selanjutnya Wiratmaja memperkirakan gas akan mulai mengaliri Bali pascaditandatanganinya PJBG adalah sekitar tanggal 12-14 April 2016.

“Setelah ditandatanganinya perjanjian jual beli gas kira-kira  tanggal 12 atau 14 April 2016 sudah sampai di sini gasnya dan sudah mulai dioperasikan dengan volume pengiriman sekitar 40 mmscfd atau sekitar 35 kargo untuk pembangkit dan sisanya untuk industro pariwisata yang selama ini menggunakan solar sebagai bahan bakar ,” jelas Wiratmaja.

Menurutnya, Provinsi Bali sudah mulai berbenah untuk menjadikan seluruh wilayahnya menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan. “Pengaliran gas bumi sabagai bahan bakar ini merupakan wujud dari keinginan tersebut. Sebagian besar pembangkit listrik di Bali saat ini menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber energinya dan secara bertahap akan digantikan dengan bahan bakar gas,” katanya.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home