Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 06:03 WIB | Sabtu, 30 Oktober 2021

Bunga Amorphopallus Mekar di Leiden, Belanda

Seorang perempuan memotret tanaman asli Indonesia, Amorphophallus decus-silvae, yang berbunga di rumah kaca tropis kebun raya Hortus, Leiden, Belanda pada 22 Oktober. (Foto: Lex Van Lieshout/ANP/AFP)

LEIDEN, SATUHARAPAN.COM-Bunga Amorphopallus decus-silvae, mekar di kebun raya Hortus Universitas Leiden, Belanda.

Tanaman yang merupakan asli tanaman Indonesia dan juga dikenal sebagai “bunga bangkai” karena aromanya itu termasuk yang jarng berbunga di Eropa.

Pekan lalu, kebun raya itu menerbitkan foto tanaman itu di halaman twitternya, dengan judul, “Akhirnya! Tanaman Amorphophallus decus-silvae sedang mekar di Rumah Kaca Tropis kami.” Mereka menambahkan bahwa bau busuk yang terkait dengan tanaman itu ada dan "menyebar di udara."

Tanaman itu tampak unik, yang dikenal karena baunya, bentuknya dan ukurannya. Konon  telah terlihat mekar di Eropa untuk ketiga kalinya dalam sejarah.

Tanaman, yang dikenal ahli botani sebagai Amorphophallus decus-silvae, selain jenis lain yang juga berukuran besar, Amorphopallus titanum, terakhir terlihat pada tahun 1997. Tanaman ini membutuhkan tujuh tahun untuk tumbuh sampai ukuran aslinya.

Ketika bunga itu secara mengejutkan mekar di Eropa hingga ketinggian 1,5 meter, para ahli botani yang tercengang mengklaim bahwa kejadian itu sangat langka.

Kebun raya Hortus Universitas Leiden mengundang warga untuk menyaksikannya. "Kamu tidak ingin melewatkan ini!" katanya menambahkan dalam posting Twitter grup, mengundang pengunjung untuk menyaksikan keanehan itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home