Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 16:16 WIB | Sabtu, 02 April 2022

Buntut Tamparan pada Chris Rock, Will Smith Mengundurkan Diri dari Academy Award

Foto kombinasi yang menunjukkan Will Smith menampar Chris Rock saat Rock berbicara di atas panggung selama Academy Awards ke-94 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, 27 Maret 2022. (Foto: Reuters)

SATUHAR4APAN.COM-Will Smith mengundurkan diri dari akademi film menyusul tamparannya terhadap Chris Rock di malam penganbugerahan Oscar-nya, dan mengatakan dia akan menerima hukuman lebih lanjut yang dijatuhkan organisasi.

Smith dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Jumat (1/4) sore mengatakan dia akan “menerima sepenuhnya setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya. Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 yang mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan.”

Presiden akademi film, David Rubin, mengatakan pengunduran diri Smith diterima. “Kami akan terus melanjutkan proses disipliner kami terhadap Tuan Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, sebelum pertemuan dewan yang terjadwal berikutnya pada 18 April.”

Smith kehilangan hak suara dengan pengunduran dirinya. Tetapi ada manfaat lain yang kurang nyata untuk menjadi bagian dari akademi, organisasi paling bergengsi di Hollywood: Ini memberikan kredibilitas industri kepada para anggotanya. Ini hanya undangan, dan dengan tinjauan keanggotaan setahun sekali.

“Aku mengkhianati kepercayaan Akademi. Saya merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka,” kata pernyataan Smith. “Saya patah hati. Saya ingin menempatkan fokus kembali pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka dan memungkinkan Akademi untuk kembali ke pekerjaan luar biasa yang dilakukannya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film.”

“Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih akal sehat,” kata Smith menyimpulkan dalam pernyataan itu.

Pertemuan Dewan

Pengunduran diri itu terjadi dua hari setelah dewan kepemimpinan akademi bertemu untuk memulai proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran terhadap standar perilaku kelompok tersebut. Proses itu bisa mengakibatkan penangguhan atau pengusiran, dan tidak segera jelas hukuman tambahan apa yang bisa dia hadapi.

Seandainya dia dikeluarkan, Smith akan bergabung dengan sekelompok kecil pria yang dikeluarkan dari akademi: Harvey Weinstein, Roman Polanski, Bill Cosby dan aktor Carmine Caridi, yang dikeluarkan karena penyaringan penghargaan.

Pada hari Minggu, Smith melangkah dari kursi depan Teater Dolby ke atas panggung dan memukul Rock, yang telah membuat lelucon dengan mengorbankan istri Smith, Jada Pinkett Smith. Beberapa saat kemudian, ia memenangkan penghargaan aktor terbaik untuk perannya dalam film "King Richard."

Rock, yang hendak mempersembahkan Oscar untuk film dokumenter terbaik, menolak mengajukan tuntutan saat dimintai keterangan polisi. Dia hanya secara singkat membahas serangan itu di depan umum, mengatakan pada satu konser komedi di Boston pekan ini bahwa dia masih "memproses apa yang terjadi."

Smith mengejutkan Rock, penonton di teater dan penonton di rumah ketika dia naik ke panggung setelah Rock bercanda: “Jada, aku mencintaimu. 'GI Jane 2,' tidak sabar untuk melihatnya.”

Pinkett Smith, yang telah berbicara secara terbuka tentang kondisi rambut rontoknya, alopecia, memiliki kepala yang dicukur mirip dengan Demi Moore di film aslinya.

Setelah serangan Smith kembali ke tempat duduknya dan dengan marah dua kali meneriaki Rock untuk “mengeluarkan nama istriku dari mulutmu (sumpah serapah).” Ketika Smith naik ke panggung lagi kurang dari satu jam kemudian untuk menerima Oscar-nya, dia dengan berlinang air mata meminta maaf kepada akademi tetapi secara khusus menghilangkan penyebutan Rock.

Dampaknya langsung dan intens. Smith memiliki pendukung karena datang untuk membela istrinya, tetapi dia secara luas dikecam karena menanggapi dengan kekerasan, dan karena merusak kemenangan Oscar yang telah lama dicarinya dan membayangi pemenang lainnya malam itu.

Di antara mereka yang meraih penghargaan Oscar adalah bintang “West Side Story” Ariana DeBose, aktris Afro-Latina pertama yang menang dalam kategori aktris pendukung terbaik, dan Troy Kotsur dari film “CODA,” aktor pria tuli pertama yang memenangkan hadiah aktor pendukung.

Malam itu diakhiri dengan "CODA" dinobatkan sebagai film terbaik, pencapaian penting untuk layanan streaming dan untuk film yang sebagian besar pemainnya tuli. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home