Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:12 WIB | Selasa, 05 Mei 2020

California akan Mulai Operasikan Kembali Sebagian Bisnis Pekan ini

Orang-orang memegang tanda dan bendera selama protes menentang tindakan yang bertujuan memperlambat penyebaran virus corona baru Jumat, 1 Mei 2020, di San Diego. (Foto: kpbs.org)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Gubernur California Gavin Newsom pada Senin (4/5), mengumumkan negara bagian berpopulasi tertinggi di Amerika Serikat (AS) itu akan memasuki tahap kedua pemulihan COVID-19 pada akhir pekan ini, yang memungkinkan beberapa bisnis retail dibuka kembali dengan sejumlah penyesuaian.

"Kita akan memasuki fase berikutnya pekan ini, akhir pekan ini. Dengan sejumlah modifikasi, kami akan mengizinkan pengoperasian kembali bisnis retail di seluruh spektrum," kata Newsom dalam taklimat pers harian.

"Ini merupakan tanda yang sangat positif dan dapat terwujud hanya karena satu alasan, yaitu data menunjukkan itu bisa terwujud," katanya.

Toko pakaian, toko bunga, toko buku, toko alat olahraga, dan lain sebagainya akan dibuka kembali paling cepat pada Jumat (8/5) dengan menerapkan layanan curbside pick-up, menurut gubernur itu. Dengan layanan tersebut, pelanggan dapat membeli secara daring dan mengambilnya di lokasi toko tanpa perlu turun dari kendaraan.

Newsom menyebutkan, pembukaan kembali perekonomian negara bagian terbesar di AS itu "didukung oleh data dan sains".

Pada Jumat (1/5) pekan lalu, Newson mengatakan California hanya berselang beberapa "hari, bukan pekan" dari pembukaan kembali aktivitas usaha lebih lanjut.

Pekan lalu, Newsom menguraikan rencana empat tahap untuk membuka kembali perekonomian negara bagian itu secara bertahap, seiring meningkatnya tekanan dari pejabat publik dan lokal terhadapnya untuk melonggarkan kebijakan pembatasan, yang dipicu oleh upaya melawan pandemi COVID-19.

Para pengunjuk rasa berkumpul di beberapa kota di California selama akhir pekan, mendesak Newsom untuk mencabut kebijakan pembatasan dan membuka kembali negara bagian itu secepat mungkin.

Sang gubernur memerintahkan masyarakat, untuk tetap tinggal di rumah guna memperlambat penyebaran COVID-19 pada tahap pertama, yang sedang berlangsung saat ini, sementara negara bagian itu meningkatkan penyediaan pengujian COVID-19, alat pelindung diri (APD), dan kapasitas rumah sakit, menjadikan tempat kerja esensial seaman mungkin.

Menurut rencana Newsom, pada tahap kedua, California akan secara bertahap membuka kembali beberapa tempat kerja yang berisiko rendah dengan sejumlah adaptasi, termasuk bisnis retail dengan layanan curbside pick-up, pabrik, kantor, dan lebih banyak lagi ruang publik.

Tahap ketiga akan menjadi pembukaan kembali secara bertahap untuk beberapa lingkungan yang berisiko lebih tinggi dengan sejumlah adaptasi dan pembatasan jumlah berkumpulnya orang. Tahap keempat akan mengakhiri perintah tetap di rumah. (Xinhua/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home