Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Kamis, 23 Desember 2021

Chili: Generasi Milenial Menangi Pemilihan Presiden

Chili: Generasi Milenial Menangi Pemilihan Presiden
Kandidat presiden Chili, Gabriel Boric, dari koalisi "Saya Dukung Martabat", berfoto selfie dengan pendukungnya di luar tempat pemungutan suara selama pemilihan presiden putaran kedua di Punta Arenas, Chili, hari Minggu, 19 Desember 2021. (Foto: AP/Andres Poblete)
Chili: Generasi Milenial Menangi Pemilihan Presiden
Presiden Chili terpilih, Gabriel Boric, melambai kepada para pendukung yang merayakan kemenangannya dalam pemilihan presiden putaran kedua di Santiago, Chili, hari Minggu, 19 Desember 2021. (Foto: AP/Matias Delacroix)

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM-Seorang milenial kiri yang menjadi terkenal selama protes anti pemerintah terpilih sebagai presiden Chili pada hari Minggu (19/12) setelah kampanye terhadap penghasut pasar bebas yang disamakan dengan Donald Trump.

Dengan 56% suara, Gabriel Boric, dengan mudah mengalahkan oleh lebih dari 10 poin anggota parlemen atas José Antonio Kast yang gagal untuk menakut-nakuti pemilih bahwa lawannya yang muda dan tidak berpengalaman akan menjungkirbalikkan rekor Chili sebagai ekonomi paling stabil dan maju di Amerika Latin.

Dalam model kesopanan demokratis yang terlepas dari retorika polarisasi kampanye, Kast segera mengakui kekalahan, men-tweet foto dirinya dan memberi selamat kepada lawannya atas "kemenangan besar"-nya. Dia kemudian melakukan perjalanan secara pribadi ke markas kampanye Boric untuk bertemu dengan saingannya.

Sementara itu, Presiden Sebastian Pinera, yang akan berakhir masa jabatannya, seorang miliarder konservatif, mengadakan konferensi video dengan Boric untuk menawarkan dukungan penuh kepada pemerintahnya selama transisi tiga bulan.

Di tengah desakan pendukung, Boric memprakarsai dalam bahasa asli Mapuche pidato kemenangan yang meriah kepada ribuan pendukung yang sebagian besar masih muda. Dia menyoroti posisi progresif yang meluncurkan kampanyenya yang mustahil, termasuk janji untuk memerangi perubahan iklim dengan memblokir proyek pertambangan yang diusulkan di Chili, yang merupakan produsen tembaga terbesar di dunia.

Dia juga berjanji untuk mengakhiri sistem pensiun swasta Chili, ciri model ekonomi neo liberal yang diberlakukan oleh kediktatoran Jenderal Augusto Pinochet.

“Kami adalah generasi yang muncul dalam kehidupan publik yang menuntut hak kami dihormati sebagai hak dan tidak diperlakukan seperti barang konsumsi atau bisnis,” kata Boric. “Kami tahu bahwa keadilan bagi yang kaya terus ada, dan keadilan bagi yang miskin, dan kami tidak lagi akan membiarkan orang miskin terus membayar harga ketidaksetaraan Chili.”

“Ini adalah hari yang bersejarah,” kata Boris Soto, seorang guru. “Kami telah mengalahkan tidak hanya fasisme, dan sayap kanan, tetapi juga ketakutan.”

Kemenangan Boric kemungkinan akan dirasakan di seluruh Amerika Latin, di mana perpecahan ideologis telah meningkat di tengah pandemi virus Corona, yang mempercepat pembalikan keuntungan ekonomi selama satu dekade.

Pada usia 35, Boric akan menjadi presiden modern Chili, termuda ketika ia menjabat pada bulan Maret, dan milenium kedua yang memimpin di Amerika Latin, setelah Nayib Bukele dari El Salvador. Hanya satu kepala negara lainnya, Giacomo Simoncini dari negara-kota San Marino di Eropa, yang lebih muda.

Boric termasuk di antara beberapa aktivis yang terpilih menjadi anggota Kongres pada tahun 2014 setelah memimpin protes untuk pendidikan berkualitas tinggi. Dia bersumpah untuk "mengubur" model ekonomi neo liberal yang ditinggalkan oleh Pinochet dan menaikkan pajak pada "orang super kaya" untuk memperluas layanan sosial, melawan ketidaksetaraan, dan meningkatkan perlindungan lingkungan.

Lawannya, Kast, 55 tahun, seorang Katolik Roma yang taat dan ayah dari sembilan anak, muncul dari sayap kanan setelah memenangkan kurang dari 8% suara pada tahun 2017. Pengagum Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro ini sempat naik terus dalam jajak pendapat.

Dia menekankan nilai-nilai keluarga konservatif dan mempermainkan ketakutan orang Chili bahwa lonjakan migrasi, dari Haiti dan Venezuela, mendorong kejahatan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home