Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:50 WIB | Jumat, 12 November 2021

China Ingatkan Ancaman Mental Perang Dingin di Asia Pasifik

Presiden China, Xi Jinping, menyampaikan pidato di sebuah acara memperingati 110 tahun Revolusi Xinhai di Aula Besar Rakyat di Beijing pada 9 Oktober 2021. (Foto: dok. AP/Andy Wong)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Presiden China, Xi Jinping, pada hari Kamis (11/11) memperingatkan agar tidak membiarkan ketegangan di kawasan Asia-Pasifik menyebabkan mentalitas Perang Dingin kambuh kembali.

Pernyataannya disampaikan di sela-sela pertemuan puncak tahunan forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, beberapa minggu setelah Amerika Serikat, Inggris dan Australia mengumumkan aliansi keamanan baru di kawasan yang akan membuat Australia membangun kapal selam nuklir. China mengecam keras kesepakatan itu.

Xi berbicara dalam video yang direkam sebelumnya ke KTT CEO di APEC, yang diselenggarakan oleh Selandia Baru dalam format virtual. Xi dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan online dengan para pemimpin Lingkar Pasifik lainnya termasuk Presiden AS, Joe Biden, pada hari Sabtu.

Dalam pidatonya, Xi mengatakan upaya untuk menarik batas-batas di kawasan di sepanjang garis ideologis atau geopolitik akan gagal. “Kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh terulang kembali ke dalam konfrontasi dan perpecahan era Perang Dingin,” kata Xi.

Xi juga mengatakan kawasan itu harus memastikan agar jalur pasokan tetap berfungsi dan terus meliberalisasi perdagangan dan investasi. “China akan tetap teguh dalam memajukan reformasi dan keterbukaan sehingga dapat menambah dorongan bagi pembangunan ekonomi,” katanya.

Tugas paling mendesak di kawasan ini adalah melakukan upaya habis-habisan untuk memerangi pandemi dan keluar dari bayang-bayangnya sesegera mungkin, katanya.

Pengacara hak asasi manusia, Amal Clooney, juga berbicara di KTT CEO, mengatakan dia percaya bahwa demokrasi liberal dapat meningkatkan hak asasi manusia global dengan menekan negara-negara otokratis. Dia mengatakan bisnis juga perlu memainkan peran.

Secara keseluruhan, anggota APEC menyumbang hampir tiga miliar orang dan sekitar 60% dari PDB dunia. Tetapi ketegangan mendalam terjadi melalui kelompok 21 negara dan wilayah yang mencakup AS, China, Taiwan, Rusia, dan Australia.

Banyak negara di Asia berusaha untuk menyeimbangkan pengaruh China dan AS di bidang ekonomi dan geopolitik.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan wilayah lainnya dan telah bergerak untuk membangun kehadiran militer, membangun pulau-pulau di beberapa wilayah yang disengketakan karena menegaskan klaim bersejarahnya.

Baik Taiwan dan China telah mengajukan untuk bergabung dengan pakta perdagangan Lingkar Pasifik, Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik, dengan Beijing mengatakan akan memblokir tawaran Taiwan atas dasar bahwa pulau yang diperintah secara demokratis itu menolak untuk menerima bahwa itu adalah bagian dari negara komunis yang memerintah China.

Dan masih belum jelas apakah semua anggota APEC akan mendukung tawaran AS untuk menjadi tuan rumah putaran pertemuan APEC 2023.

Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Nanaia Mahuta, pada hari Rabu bahwa APEC didirikan berdasarkan konsensus dan bahwa belum ada tuan rumah yang dikonfirmasi untuk tahun 2023.

Para pejabat mengatakan mereka telah membuat kemajuan yang signifikan selama sekitar 340 pertemuan pendahuluan menjelang pertemuan para pemimpin pekan ini. Anggota APEC telah sepakat untuk mengurangi atau menghilangkan banyak tarif dan penahanan perbatasan pada vaksin, masker, dan produk medis lainnya yang penting untuk memerangi pandemi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home