Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:19 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

China Klaim Terbuka dan Transparan tentang Asal-usul Virus COVID-19

Orang-orang, beberapa memakai masker wajah, mengunjungi taman Temple of Heaven di Beijing, Minggu, 26 Februari 2023. Pengunjung berduyun-duyun ke lokasi wisata di kota-kota di China setelah pihak berwenang mencabut semua larangan pertemuan publik akibat wabah COVID-19. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China pada Selasa (28/2) menolak dugaan baru bahwa pandemi COVID-19 bisa jadi merupakan hasil dari kebocoran laboratorium, dengan mengatakan telah "terbuka dan transparan" dalam mencari asal-usul virus.

Baru-baru ini, Departemen Energi Amerika Serikat menilai dengan “keyakinan rendah” bahwa pandemi yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China tengah pada akhir 2019 dimulai dengan kebocoran virus dari laboratorium. Laporan tersebut belum dipublikasikan dan para pejabat di Washington menekankan bahwa badan-badan AS tidak sepakat tentang asal-usulnya.

China telah “berbagi sebagian besar data dan hasil penelitian tentang pelacakan virus dan memberikan kontribusi penting untuk penelitian pelacakan virus global,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning Mao, kepada wartawan hari Selasa (28/2) dalam pengarahan harian.

Pejabat AS dan anggota Kongres menuduh China tidak sepenuhnya kooperatif dengan penyelidikan tentang asal-usulnya.

Sebuah kelompok ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tahun lalu bahwa "data penting" untuk menjelaskan bagaimana pandemi dimulai masih hilang. Para ilmuwan mengutip jalan penelitian yang diperlukan, termasuk studi yang mengevaluasi peran hewan liar dan studi lingkungan di tempat-tempat di mana virus mungkin pertama kali menyebar.

Associated Press sebelumnya melaporkan bahwa pemerintah China secara ketat mengontrol penelitian tentang asal-usul pandemi, membatasi beberapa pekerjaan dan mempromosikan teori pinggiran bahwa itu bisa saja berasal dari luar negeri.

“Mempolitisasi masalah pelacakan virus tidak akan mencoreng China tetapi hanya akan merusak kredibilitas AS sendiri,” kata Mao.

Komentarnya muncul di tengah pertanyaan yang terus berlanjut tentang bagaimana virus yang telah membunuh lebih dari 6,8 juta orang di seluruh dunia itu pertama kali muncul.

Kesimpulan Departemen Energi (DOE) AS pertama kali dilaporkan pada akhir pekan di The Wall Street Journal, yang mengatakan laporan rahasia itu didasarkan pada intelijen baru dan dicatat dalam pembaruan dokumen 2021. DOE mengawasi jaringan laboratorium nasional di AS.

Pejabat Gedung Putih pada hari Senin (27/2) menolak untuk mengkonfirmasi laporan pers tentang penilaian tersebut. John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional, mengatakan pada hari Senin bahwa "tidak ada konsensus komunitas intelijen" tentang asal-usulnya.

Pada tahun 2021, para pejabat merilis ringkasan laporan intelijen yang mengatakan empat anggota komunitas intelijen AS percaya dengan keyakinan rendah bahwa virus pertama kali ditularkan dari hewan ke manusia, dan seperlima percaya dengan keyakinan sedang bahwa infeksi manusia pertama dikaitkan dengan laboratorium.

Beberapa ilmuwan terbuka untuk teori kebocoran laboratorium, tetapi banyak ilmuwan percaya bahwa virus itu berasal dari hewan, bermutasi, dan melompat ke manusia - seperti yang terjadi di masa lalu dengan virus. Para ahli mengatakan asal muasal sebenarnya dari pandemi mungkin tidak diketahui selama bertahun-tahun, jika pernah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home