Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:17 WIB | Jumat, 12 Agustus 2022

China Melanjutkan Ancaman Militernya ke Taiwan

Jet tempur Mirage Angkatan Udara Taiwan di landasan pacu di pangkalan udara di Hsinchu, Taiwan, Jumat, 5 Agustus 2022. China pada Kamis, 11 Agustus 2022, memperbarui ancamannya untuk menyerang Taiwan setelah hampir sepekan latihan perang di dekat Taiwan. (Foto: dok. AP/Johnson Lai)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China pada hari Kamis (11/8) memperbarui ancamannya untuk menyerang Taiwan setelah hampir sepekan latihan perang di dekat pulau itu. Taiwan menyebut klaim Beijing atas demokrasi yang memerintah sendiri sebagai "angan-angan" dan meluncurkan latihan militernya sendiri.

“Kolusi Taiwan dengan kekuatan eksternal untuk mencari kemerdekaan dan provokasi hanya akan mempercepat kematian mereka sendiri dan mendorong Taiwan ke dalam jurang bencana,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, pada briefing harian.

“Pengejaran kemerdekaan Taiwan mereka tidak akan pernah berhasil, dan setiap upaya untuk menjual kepentingan nasional akan menemui kegagalan total,” kata Wang kepada wartawan.

Upaya China untuk mengintimidasi publik Taiwan dan mengiklankan strateginya untuk memblokade dan berpotensi menginvasi pulau itu secara nominal didorong oleh kunjungan ke Taipei pekan lalu oleh Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi.

AS, Jepang dan sekutunya telah mengecam latihan tersebut, dengan negara-negara industri Kelompok Tujuh (G7) mengeluarkan pernyataan pada pertemuan baru-baru ini yang menyatakan keprihatinannya.

Pada hari Rabu, pemerintah Inggris memanggil Duta Besar China, Zheng Zeguang, ke Kantor Luar Negeri untuk menuntut penjelasan tentang "eskalasi agresif Beijing terhadap Taiwan."

Taiwan mengatakan Beijing menggunakan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk meningkatkan pertaruhan dalam perseteruannya dengan Taipei, menembakkan rudal ke Selat Taiwan dan melintasi pulau itu ke Samudra Pasifik. 

China juga mengirim pesawat dan kapal melintasi garis tengah di selat yang telah lama menjadi penyangga antara kedua belah pihak, yang terpisah di tengah perang saudara pada tahun 1949.

Dalam pernyataan kebijakan panjang tentang Taiwan yang dikeluarkan Rabu, China mendistorsi catatan sejarah, termasuk resolusi PBB tahun 1972 yang memindahkan kursi China di Dewan Keamanan dari Taipei ke Beijing, kata Dewan Urusan Daratan tingkat Kabinet Taiwan. Pernyataan China itu juga membatalkan janji untuk tidak mengirim pasukan atau pejabat pemerintah ke Taiwan yang tertuang dalam pernyataan sebelumnya.

Resolusi PBB tidak menyebutkan status Taiwan, meskipun China menganggapnya sebagai dokumen dasar yang menyatakan hak Partai Komunis untuk menguasai pulau itu.

Pernyataan dewan Taiwan mengatakan China sedang mengatur langkahnya melawan Taiwan menjelang Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis yang berkuasa yang akan diadakan akhir tahun ini. Presiden dan pemimpin partai, Xi Jinping, diperkirakan akan menerima masa jabatan lima tahun ketiga di konklaf itu, setelah memimpin tindakan keras tanpa henti terhadap tokoh-tokoh politik yang dituduh korupsi, aktivis hak asasi manusia dan kelompok masyarakat sipil.

Penindasan oleh Xi terhadap kebebasan berbicara dan oposisi politik di Hong Kong juga dilihat sebagai faktor di belakang Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, memenangkan masa jabatan kedua pada tahun 2020.

China mengatakan pihaknya berencana untuk mencaplok Taiwan di bawah format "satu negara, dua sistem" yang diterapkan di Hong Kong, yang menurut para kritikus telah dirusak oleh undang-undang keamanan nasional yang menegaskan kontrol Beijing atas pidato dan partisipasi politik. Konsep tersebut telah ditolak secara menyeluruh dalam jajak pendapat publik Taiwan di mana responden sangat menyukai status-quo kemerdekaan de-facto.

Pernyataan China “penuh dengan angan-angan, dan mengabaikan fakta,” kata Dewan Urusan Daratan Taiwan dalam siaran persnya.

“Operasi politik yang kasar dan kikuk oleh otoritas Beijing lebih jauh menyoroti pola pikir arogannya yang mencoba menggunakan kekuatan untuk menyerang dan menghancurkan Selat Taiwan dan perdamaian regional,” kata rilis tersebut.

“Pihak berwenang di Beijing menipu diri mereka sendiri. Kami memperingatkan pihak berwenang Beijing untuk segera berhenti mengancam Taiwan dengan kekerasan dan menyebarkan informasi palsu,” katanya.

Taiwan menempatkan militernya di bawah siaga tinggi selama latihan militer China tetapi tidak mengambil tindakan balasan langsung. Mereka mengadakan latihan artileri di lepas pantai barat daya menghadap China yang berlangsung hingga Kamis (11/8), menggambarkan tantangan yang akan dihadapi Tentara Pembebasan Rakyat jika meluncurkan invasi melintasi selat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home