Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:26 WIB | Minggu, 16 Mei 2021

China Mendaratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

Pengunjung melewati pameran yang menggambarkan wahana penjelajah di planet Mars di Beijing pada hari Jumat (14/5). China mengatakan penyelidikan Mars dan penjelajah yang menyertainya mendarat di planet merah pada hari Sabtu (15/5). (Foto: AP/Ng Han Guan)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China mendaratkan pesawat ruang angkasa di planet Mars untuk pertama kalinya pada hari Sabtu (15/5), suatu prestasi yang secara teknis menantang dan lebih sulit daripada pendaratan di bulan.

Rencananya, wahana penjelajah untuk tinggal di pendarat selama beberapa hari untuk tes diagnostik sebelum meluncur menuruni jalan untuk menjelajahi area Mars yang dikenal sebagai Utopia Planitia. Ini akan bergabung dengan penjelajah Amerika yang tiba di planet merah pada bulan Februari.

Pendaratan pertama di Mars oleh China menyusul peluncuran bagian utama bulan lalu yang akan menjadi stasiun luar angkasa permanen dan misi yang membawa kembali bebatuan akhir tahun lalu.

“China telah meninggalkan jejak di Mars untuk pertama kalinya, langkah penting untuk eksplorasi luar angkasa negara kita,” kata kantor berita resmi China, Xinhua, dalam mengumumkan pendaratan di salah satu akun media sosialnya.

AS Sejak 1976, Rusia 1971

AS telah berhasil melakukan sembilan pendaratan di Mars sejak 1976. Uni Soviet mendarat di planet ini pada tahun 1971, tetapi misi tersebut gagal setelah pesawat berhenti mengirimkan informasi segera setelah pendaratan.

Sebuah penjelajah dan helikopter kecil dari pendaratan Amerika pada bulan Februari saat ini sedang menjelajahi Mars. NASA mengharapkan penjelajah untuk mengumpulkan sampel pertamanya pada bulan Juli untuk kembali ke Bumi dalam satu dekade.

China telah mendarat wahana di bulan sebelumnya, tetapi pendaratan di Mars adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit. Pesawat ruang angkasa menggunakan perisai untuk perlindungan dari panas yang membakar saat memasuki atmosfer Mars, dan menggunakan roket-retro dan parasut untuk memperlambat yang cukup untuk mencegah pendaratan darurat.

Parasut dan roket harus dikerahkan pada waktu yang tepat untuk mendarat di tempat yang ditentukan. Hanya roket mini-retro yang diperlukan untuk pendaratan di bulan, dan parasut saja sudah cukup untuk kembali ke Bumi.

Xinhua mengatakan kapsul memasuki atmosfer Mars pada ketinggian 125 kilometer, memulai "fase paling berisiko dari keseluruhan misi."

Sebuah parasut 200 meter persegi dikerahkan dan kemudian dibuang, dan kemudian roket retro ditembakkan untuk memperlambat kecepatan pesawat hingga hampir nol, kata Xinhua. Pesawat itu melayang sekitar 100 meter di atas permukaan untuk mengidentifikasi rintangan sebelum mendarat dengan empat kaki penyangga.

“Setiap langkah hanya memiliki satu peluang, dan tindakannya terkait erat. Jika ada kekurangan, pendaratan akan gagal,” kata Geng Yan, seorang pejabat di Administrasi Luar Angkasa Nasional China, menurut Xinhua.

Touchdown dilakukan pada pukul 7:18 pagi waktu Beijing (23:18 Jumat GMT), meskipun lebih dari satu jam berlalu sebelum pengawas darat dapat mengonfirmasi bahwa pendaratan itu berhasil, kata Xinhua. Wahana penjelajah harus membuka panel surya dan antena, dan kemudian membutuhkan lebih dari 17 menit untuk sinyalnya melintasi jarak antara Mars dan Bumi.

Ucapan Selamat dari Xi Jinping

Presiden China, Xi Jinping, dalam surat ucapan selamat kepada tim misi, menyebut pendaratan itu sebagai "langkah penting dalam perjalanan eksplorasi antar planet negara kita, menyadari lompatan dari Bumi-bulan ke sistem planet dan meninggalkan jejak bangsa China di Mars untuk pertama kali... Ibu pertiwi dan orang-orang akan selalu mengingat prestasi luar biasa Anda! ”

Associate Administrator NASA, Thomas Zurbuchen, men-tweet ucapan selamatnya, mengatakan, "Bersama dengan komunitas sains global, saya menantikan kontribusi penting yang akan diberikan misi ini bagi pemahaman umat manusia tentang Planet Merah."

Pendaratan di Mars oleh China adalah topik trending teratas di Weibo, platform media sosial terkemuka di China, karena orang-orang mengekspresikan kegembiraan dan kebanggaan.

Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 telah mengorbit Mars sejak Februari, ketika tiba setelah perjalanan selama 6 1/2 bulan dari Bumi. Xinhua menggambarkan misi tersebut sebagai eksplorasi planet pertama China.

Penjelajah, dinamai dewa api China, Zhurong, diperkirakan akan dikerahkan selama 90 hari untuk mencari bukti kehidupan di Mars. Wahana ini seukuran mobil kecil, ia memiliki radar penembus tanah, laser, dan sensor untuk mengukur atmosfer dan bola magnet.

Program luar angkasa China telah berjalan dengan cara yang lebih hati-hati daripada AS dan Uni Soviet selama puncak perlombaan antariksa mereka.

Peluncuran modul utama untuk stasiun luar angkasa China pada bulan April adalah yang pertama dari 11 misi yang direncanakan untuk membangun dan menyediakan stasiun dan mengirim tiga orang awak pada akhir tahun depan. Saat modul berhasil diluncurkan, kembalinya roket yang tidak terkendali ke Bumi menuai kritik internasional termasuk dari Administrator NASA, Bill Nelson.

China mengatakan ingin mendaratkan orang di bulan dan mungkin membangun basis ilmiah di sana. Tidak ada garis waktu yang dirilis untuk proyek ini. Sebuah pesawat luar angkasa juga dilaporkan sedang dalam pengembangan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home